Padang (UNAND) - Universitas Andalas kembali mengukuhkan empat Guru Besar Tetap yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran (FK) pada Sabtu (24/8) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Empat guru besar yang dikukuhkan yakni Prof. Dr. Dra. Nuzulia Irawati, MS (sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Biomedik Kedokteran pada Fakultas Kedokteran), Prof. Dr. Dra. Arni Amir, MS (sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Biologi pada Fakultas Kedokteran), Prof. Dr. Adni Nazra, M.Si., M.Sc. (sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Matematika Fuzzy pada Fakultas MIPA), dan Prof. Dr. Ferra Yanuar, M.Si., M.Sc. (sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Analisis Regenerasi Statistika dan Teori Peluang pada Fakultas MIPA).

Pengukuhan Guru Besar ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan yang dipasangkan langsung oleh Ketua Dewan Profesor Prof. apt. Marlina, Ph.D. yang di dampingi oleh Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt. beserta Ketua SAU Prof. Dr. Syafrizal Sy.

"Pengukuhan Guru Besar ini, memberikan makna bahwa para guru besar ini sudah berkecimpung di bidangnya bertahun-tahun. Prof. Dr.Dra. Nuzulia Irawati, MS dan Prof. Dr. Dra. Arni Amir, MS di bidang Kedokteran. Serta Prof. Dr. Adni Nazra, M.Si., M.Sc. dan Prof. Dr. Ferra Yanuar, M.Si., M.Sc. di bidang MIPA," kata Prof. apt. Marlina, Ph. D., Ketua Dewan Profesor Univeritas Andalas.

Selanjutnya, Prof. Marlina berharap keempat Guru Besar yang baru saja dikukuhkan akan semakin memperkaya khazanah Ilmu Pengetahuan dalam arti yang luas. Lalu, memberikan pencerahan kepada masyarakat guna meningkatkan kiprah dalam pembangunan di Negara Indonesia.

Prof. Admi Nazra
Prof. Ferra Yanuar
Prof. Marlina (Ketua Dewan Profesor) bersama Prof. Nuzulia Irawati yang dikukuhkan
Prof. Marlina (Ketua Dewan Profesor) bersama Prof. Arni Amir yang dikukuhkan

Senada dengan hal itu, Rektor juga berharap dengan adanya pengukuhan guru besar kali ini, menjadi inspirasi bagi para akademisi di Univeritas Andalas untuk segera menjadi Guru Besar. Dengan dikukuhkannya empat guru besar pada hari ini, berarti UNAND memiliki tambahan SDM yang sudah teruji keilmuannya.

Pada pengukuhan Guru Besar kali ini, juga turut hadir Guru Besar Tamu yang berasal dari Universitas Indonesia yakni Prof. drg. Armasastra Bahar dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia. (AC)

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik

Rektor memberi sambutan
Vokal grup Dewan Profesor
Baris bawah dari kiri: Dekan FK, Dekan FMIPA, Prof. Nuzulia, Prof. Arni Amir, Ketua SAU, Rektor, Ketua Dewan Profesor, Prof. Admi, Prof. Ferra, Sekretaris Dewan Profesor, Guru Besar Tamu (Univ. Indonesia)
Baris atas: anggota Dewan Profesor UNAND