Padang (UNAND) – Unit Layanan Disabilitas (ULD) Universitas Andalas menggelar kegiatan psikotes bagi mahasiswa disabilitas pada Sabtu (24/8), di Ruangan Tracer Study, UPT Kewirausahaan dan Karir.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Universitas Andalas untuk menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan mendukung kebutuhan mahasiswa disabilitas. 

Mahasiswa disabilitas menjalani tes psikologi (psikotes) yang dirancang untuk memahami karakter dan kemampuan individu masing-masing yang diikuti dari berbagai program studi. 

"Kegiatan ini sangat positif, memudahkan pendidik dan tenaga pelaksana untuk mendata dan memahami mahasiswa disabilitas,” ujar Kepala ULD Universitas Andalas Dr. Rozi Sastra Purna.  

Menurutnya, Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi teman-teman disabilitas, karena mereka akan mendapatkan sarana untuk mendalami karakter pribadi sehingga memastikan bahwa mereka mendapatkan hak, kegiatan, dan kesempatan belajar yang sesuai dengan ketertarikan dan kemampuan mereka di lingkungan kampus. 

Asesmen ini merupakan bagian dari rangkaian acara Penyusunan Profil Mahasiswa Disabilitas oleh ULD Universitas Andalas. Tahun ini menjadi kali pertama ULD menggelar kegiatan tersebut dengan mengusung beberapa sub-kategori asesmen yang diuji. 

Sementara itu Fitri, staff ULD Universitas Andalas pelaksanaan ujian berlangsung selama kurang lebih empat jam. "Rasanya puas, senang, dan tentunya bangga. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba setelah konsolidasi restrukturisasi awal Agustus lalu," ungkapnya. 

ULD Universitas Andalas berharap kegiatan ini dapat menjadi bentuk kesadaran dan keseriusan civitas akademika dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan ekosistem kampus yang berdaya dan inklusif bagi semua pihak.  

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari evaluasi berkelanjutan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Andalas.(*)Rilis ULD