Padang (UNAND) – Universitas Andalas mengadakan pembekalan wisuda untuk calon wisudawan dan wisudawati periode IV tahun 2024  yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Rabu (28/8) dengan menghadirkan pembicara dari FIF Group. 

Pembekalan kali ini mengusung tema "Building Effective Communication" dengan tujuan melatih calon wisudawan dalam menghadapi wawancara kerja dan beradaptasi di dunia profesional. 

Karena jumlah wisudawan yang besar maka kegiatan ini diadakan dalam dua sesi yaitu pagi dan siang. Hal ini menunjukkan tingginya antusiasme para calon wisudawan dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja. 

Wakil Rektor IV Universitas Andalas Henmaidi, Ph. D menekankan pentingnya kemampuan berkomunikasi yang baik bagi setiap lulusan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada FIF Group atas kesempatan yang diberikan untuk memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada para calon wisudawan.  

Ia berharap agar para alumni nantinya dapat memberikan kontribusi positif di tempat mereka bekerja, dengan membawa karakter SEJATI yang telah dibentuk sejak masa orientasi mahasiswa baru di Universitas Andalas. 

Henmaidi menjelaskan budaya komunikasi sebenarnya sudah diterapkan di Sumatra Barat sejak dahulu kala, yang dikenal dengan konsep "kato nan ampek". “Konsep ini mengajarkan empat jenis bahasa atau cara berbicara yang berbeda sesuai dengan situasi dan lawan bicara, mencerminkan kebijaksanaan dan kehati-hatian dalam berkomunikasi,” terangnya.   

Nafi Nur Rauf, selaku Sumbar Area Department Head dari FIF Group menyatakan kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan komunikasi para calon wisudawan, yang sejalan dengan komitmen FIF Group dalam mendukung dunia pendidikan.  

Menurutnya, keterampilan komunikasi yang baik akan sangat membantu para lulusan dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif, khususnya dalam situasi wawancara kerja.  

Selain itu, FIF Group saat ini juga sedang melaksanakan walking interview di Gedung F Universitas Andalas sebagai bagian dari rekrutmen untuk mencari talenta-talenta baru yang siap berkontribusi di perusahaan tersebut. 

Acara pembekalan ini menjadi bagian dari upaya Universitas Andalas dalam mempersiapkan lulusannya untuk memasuki dunia profesional dengan kepercayaan diri dan keterampilan yang memadai, terutama dalam berkomunikasi, yang merupakan kunci sukses di berbagai bidang.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik