Bogor (UNAND) - Dalam rangka Dies Natalis Universitas Andalas ke-68 dan perayaan ulang tahun pertama Andalas Golf Club (AGC), turnamen golf "Andalas Golf Tournament - Endowment Fund & Charity" sukses diselenggarakan di Permata Sentul Golf Club, Bogor, pada Minggu (25/8). 

Turnamen memperebutkan  Piala Bergilir Rektor Universitas Andalas dan Hadiah Hole In One ( HIO ) bagi peserta yang mampu memasukan bola golf langsung satu kali stroke ( pukulan ) dari Tee box  ke lubang hole dengan jarak bervariasi antara 125 meter sampai 155 meter berupa Mobil Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero dan Expander, Honda Brio dan uang tunai 200 juta rupiah, dengan kesempatan setiap peserta 1 kali stroke dari tee box  di 5 hole Par 3 lapangan golf PSP. 

Di samping itu juga disediakan trophy dan dana pembinaan bagi pemenang serta 4 buah hadiah Grand lucky draw berupa TV 52 Inc, Kulkas  2 pintu, Mesin Cuci dan Dispenser ditambah 55 buah hadiah lucky draw barang dan peralatan elektronik, bola golf buddy Sport dan Voucher Hotel. 

Total dana yang berhasil dikumpulkan dari acara ini mencapai Rp500 juta, terdiri dari Endowment Fund dan Dana Charity. Dana sebesar Rp150 juta langsung disalurkan untuk beasiswa mahasiswa Universitas Andalas yang berprestasi namun kurang mampu.  

Ketua AGC, Ir. Suwirman, menyerahkan dana tersebut kepada Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph.D. Sementara, sisa dana Endowment Fund akan dikelola untuk kegiatan sosial dan pendidikan di masa depan. 

Kunci sukses turnamen  mewujudkan target Endowment Fund & Charity adalah  berkat banyak minat perusahaan untuk ikut mendukung dan menjadi sponsor acara. Tercatat 35 perusahaan Swasta dan BUMN menjadi sponsor acara, diantaranya Astra Finansial Grup dengan 5 Unit Bisnis, Bank Nagari, Bank BNI, Assuransi Sinarmas, Bank Mandiri, Bank BTN dan BCA Finance. Kesuksesan pengumpulan dana  juga  didapat  dari sumbangan donatur personal alumni Universitas Andalas. 

Turnamen bertambah gebyar  dan meriah dengan banyak hadir tamu VIP para Pejabat Negara, Rektor PTN Direksi  dan Senior Manajemen perusahaan sponsor dan Tokoh masyarakat  Sumatera Barat di Jakarta diantaranya  Anggota MWA ( Majelis Wali Amanat ) Unand  Komjen Pol (P ) Suhardi Alius, 2 Komisioner OJK Ogi Prastomiyono dan Agusman, Rektor IPB  Prof. Arif Satria, Senior Executif yang juga mantan Rektor UNP Prof. Ganefri, Hakim Agung Dr. Prim Haryadi, Anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi ( MKMK ) Prof. Yuliandri, Ketua Alumni UNP Nadirman, Komisaris Waskita Beton Brigjen. Pol. (P) Agus Manalu, Direktur Astra Financial Grup Andry Tan, Direktur Keuangan Bank Nagari Roni Edrian,  Kadiv. Hubungan Kelembagaan BNI Efrizal Polo, Direktur Treasury Bank BSI Ari Rizaldi, Komisaris BSI Fauzi, Direktur SP - SIG Oktowery, Direktur Pertamina Lubrican Werry Prayogi, Komisaris BN Manar Fuadi dan Edrizanof, Kepala OJK Sumbar Roni Nazra, Mayjen TNI (P) Rodon Pedrason,  Irjen Pol (P) Syafrizal Ahyar dan Ketua MGC Zulhefi Sikumbang. 

Komjen Pol Suhardi, yang mewakili Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Andalas, memberikan apresiasi kepada AGC dan mengajak alumni bersinergi demi kemajuan universitas dan kesejahteraan masyarakat Sumbar. 

Dalam kategori Best Gross Over All (BGO), gelar juara diraih oleh Sapoy dari Golfer Umum, sementara Best Nett Over All (BNO) dimenangkan oleh Thomas Salasah dari Astra Financial. Gunawan dari Golfer BNI membawa pulang hadiah utama lucky draw berupa sepeda motor Honda Beat. Acara ditutup dengan hiburan kesenian tradisional Minang, semakin memeriahkan suasana yang berhadiah total 25 juta rupiah.(*)