Padang (UNAND) – Unit Kegiatan Olahraga Universitas Andalas menggelar Turnamen Futsal Antar Mahasiswa Se-Sumatra Barat (Sumbar) dan Riau, sebuah event perdana dengan skala besar.  

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 2 hingga 6 September 2024 dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatra Barat di Lapangan Futsal Universitas Andalas ditandai dengan tendangan pertama oleh Gubernur Mahyeldi dan Rektor Efa Yonnedi, Ph.D. 

Sebanyak 24 tim yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar dan Riau akan berlaga dalam turnamen ini. Diharapkan, kegiatan ini dapat melahirkan bibit-bibit unggul pemain futsal dari Sumbar yang nantinya bisa berkompetisi di tingkat nasional. 

Rektor Universitas Andalas bersama Gubernur Sumatra Barat menyampaikan bahwa turnamen ini sangat menarik untuk dikembangkan mulai dari tingkat nagari. "Harapannya, di setiap nagari akan ada lapangan futsal, sehingga pemuda kita bisa tetap sehat dan aktivitas remaja bisa dialihkan ke hal-hal yang positif," ujar rektor. 

Rektor juga mengapresiasi kegiatan ini karena menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkembang, mendorong, dan menganalisis kompetensi generasi muda. 

Gubernur Mahyeldi menambahkan intensitas olahraga di kalangan pemuda masih tergolong rendah. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini sangat penting sebagai sarana untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan mereka. "Semoga dari turnamen ini, kita bisa melahirkan pemain-pemain futsal profesional yang dapat mengharumkan nama daerah," ungkapnya. 

Turnamen ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi langkah penting dalam memperkuat semangat olahraga di kalangan mahasiswa serta mendorong pengembangan fasilitas olahraga hingga ke tingkat nagari.  

Selain itu, turnamen ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antar perguruan tinggi di wilayah Sumbar dan Riau, serta menjadi ajang untuk menjalin persahabatan dan kerja sama yang lebih erat di masa depan.  

Acara pembukaan ini juga turut dihadiri oleh dekan dan pimpinan fakultas serta unit lainnya di Universitas Andalas. Kehadiran para pimpinan ini menunjukkan dukungan penuh terhadap pengembangan olahraga di kalangan mahasiswa, sekaligus mempertegas komitmen Universitas Andalas dalam menciptakan lingkungan yang mendukung prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik