Padang (UNAND) – Sebanyak 13 mahasiswa berbakat dari Universitas Andalas akan mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat dalam ajang  Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada tanggal 2-7 September 2024.   

Kontingen Universitas Andalas yang terdiri dari para mahasiswa berprestasi dari berbagai jurusan ini akan berkompetisi dalam tangkai lomba Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, Menanyi Dangdut dan Vokal Grup.  

Sebelum berangkat, para mahasiswa dilepas secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas, Dr. Efa Yonnedi, SE. MPPM, Akt, CA, CRGP, yang didampingi oleh Direktur Kemahasiswaan Khandra Fahmy, STP., MP., Ph.D.  

Rektor memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta agar dapat memberikan penampilan terbaik dan mengharumkan nama almamater.  

Dalam acara pelepasan kontingen, rektor memberikan dukungan penuh kepada para mahasiswa. "Kami sangat bangga memiliki mahasiswa-mahasiswa berbakat seperti kalian, harumkan nama Universitas Andalas dan Sumatra Barat (Sumbar) di ajang Peksiminas  XVII" tegasnya. 

Para mahasiswa yang terpilih ini telah melalui proses seleksi yang ketat mulai dari tingkat universitas hingga tingkat provinsi. Mereka siap bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa berbakat dari seluruh Indonesia.  

Berikut nama-nama mahasiswa yang akan berlomba: 

Menyanyi Dangdut Putra 

Jodi Setiawan (Manajemen)  

Penulisan Lakon 

Irfan Maulana (Sastra Indonesia)  

Penulisan Puisi 

Amelia Azira (Ilmu Hukum)  

Vokal Grup: 

Athaillah Fatiha Aqil (Hubungan Internasional) 

Luthfia Febrina Hardi (Ilmu Hukum) 

Adella Salsabilla (Ilmu Hukum) 

Nur Salsabila (Sastra Inggris) 

Danil Febrian (Akuntansi) 

Widy Delona (Sejarah) 

Dea Ananda (Proteksi Tanaman) 

Hans Mauritz Hutajulu (Teknik Mesin) 

Christopher Melvin (Matematika) 

Ridho Rahsyad (Peternakan 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik