Padang (UNAND) - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru program Pascasarjana, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D.  

Acara ini dilaksanakan di Aula Student Center Prof. Dr. M. Syaaf pada Rabu (4/9).  Dengan tema yang sangat relevan, "Peranan Kesehatan Maternal dalam Mempersiapkan Generasi Emas 2045." 

Tema ini dipilih karena sangat berkaitan dengan tujuan Indonesia dalam mempersiapkan generasi emas pada tahun 2045. Dalam kuliahnya, Prof. Ova Emilia menekankan pentingnya peran kesehatan maternal dalam menciptakan generasi yang sehat, cerdas, dan berdaya saing tinggi di masa depan.  

Ia juga menggaris bawahi investasi dalam kesehatan sebagai wanita dan bayi akan menjadi fondasi kuat bagi pencapaian tujuan tersebut. 

Sementara itu, Rektor Efa Yonnedi, Ph.D., menyampaikan Universitas Andalas kedepannya bercita-cita menjadi institusi pembelajaran (learning institution), di mana proses pendidikan tidak hanya mengajarkan ilmu tetapi juga menumbuhkan semangat dan hasrat belajar yang mendalam bagi setiap mahasiswa.  

Hal ini juga mendukung lahirnya Indonesia emas 2045.  “Learning adalah sebuah proses pendampingan untuk menimbulkan hasrat atau taste untuk terus belajar,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, rektor menekankan pentingnya Universitas Andalas menjadi universitas berbasis riset yang mampu mengkomersialisasikan hasil-hasil penelitian. "Universitas Andalas ke depan akan lebih fokus pada riset dan komersialisasi hasil penelitian, serta menyiapkan kampus untuk menjadi light business pada tahun-tahun berikutnya," tambah alumnus Monash University ini. 

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pimpinan fakultas, profesor, dan manajer program pascasarjana. Kehadiran tokoh-tokoh penting ini menunjukkan komitmen Universitas Andalas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang kedokteran, dan mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik