Padang (UNAND) - Alumni Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas akan menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) pada 6 Oktober 2024 mendatang di gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Mubes, Dr. Riesi Sriagtula, dalam konferensi pers di Limau Manis, Selasa (1/10) di ruang kerjanya. “Mubes Alumni Faterna diadakan setiap empat tahun sekali, sejalan dengan periodesasi kepengurusan,” ujarnya. Mubes sebelumnya berlangsung pada tahun 2020, di mana Suharman Nurman terpilih sebagai Ketua Umum DPP Alumni Faterna untuk periode 2020-2024.

Menurutnya, Dr. Riesi Sriagtula dan Ketua Pengarah Mubes, Dr. Basril Basyar, agenda utama Mubes ini adalah pemilihan Ketua Umum yang baru untuk melanjutkan tugas ketua saat ini, Suharman Nurman.

Selain itu, Mubes juga akan membahas program kerja, anggaran dasar dan rumah tangga (AD-ART), serta rekomendasi yang sesuai dengan tuntutan zaman. Di awal Mubes, peserta akan mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2020-2024.

Mubes rencananya akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, yang saat ini menjabat sebagai Plt Dr. Audy Joinaldi, MSc, MM. Diperkirakan sekitar 200 hingga 300 orang alumni dari berbagai angkatan akan hadir dalam acara ini.

Faterna Universitas Andalas yang didirikan pada 1 September 1963 berdasarkan Ketetapan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan, kini telah pindah dari kampus Aur Tawar ke Bukit Karamuntiang di Limau Manis.

Sejak berdirinya, Faterna telah melahirkan lebih dari 9.000 alumni sarjana strata satu (S1) dan kini telah membuka program magister (S2) dan doktor (S3).

Alumni Faterna Universitas Andalas berkontribusi di berbagai bidang dan lembaga, baik di instansi pemerintah, swasta, politik, maupun pers. Di jajaran pemerintahan, salah satu alumni, Ir. Yuliot Tanjung, saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Investasi dalam kabinet pemerintahan Jokowi.

Selain itu, mantan Bupati Tanah Datar, Ir. Shadiq Pasadigue, SH, juga merupakan alumni yang kini menjadi anggota DPR RI, sementara Iradatillah menjabat sebagai Wakil Bupati Sijunjung.

Dengan kegiatan Mubes ini, Alumni Faterna diharapkan dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antar alumni untuk kemajuan bersama di masa depan.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik