Padang (UNAND) – Posisi Universitas Andalas saat ini ditingkat dunia berada pada peringkat 1.401+ berdasarkan lembaga independen Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangking (WUR).

Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D saat Rapat Perumusan Pengembangan RPJP 2025-2045 dan Rencana Strategis (Renstra) 2025-2028 di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

“Ada 25.000 perguruan tinggi yang ada di dunia, dan Universitas Andalas berada di peringkat 1.401+, sedangkan versi The Higher Education (THE) berada pada posisi 1.500+,” tambahnya.

Berdasarkan QS WUR ini Universitas Andalas berada di peringkat ke-99 sebagai perguruan tinggi terbaik di south-eastern Asia.

Penilaiannya meliputi academic reputation, citations per paper, inbound and outbound exchange, international faculty, international research, international students, faculty staff with PhD, dan beberapa indikator lainnya.

Pencapaian-pencapaian Universitas Andalas saat ini hendaknya menjadi bukti dan penyemangat untuk semua civitas akademika agar terus melangkah ke arah yang lebih baik.

Selain itu, ia juga menyampaikan upaya untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Andalas tahun ini.  “IKU ini merupakan hajat dari semua unit yang ada dibawah Kemendikbudristek dan selalu menjadi cerminan dari universitas terkait dengan kinerja yang mencakup delapan aspek,” terangnya.

Tentu IKU yang sudah ditandatangani oleh Rektor bersama Kementerian bisa diimplementasikan di lapangan, baik itu oleh prodi, fakultas maupun lembaga. “Maka dari itu, perlu ada strategi agar yang menjadi target IKU bisa tercapai,” ujar rektor.

Dikatakannya, posisi dan kondisi Universitas Andalas saat ini sangat penting sebagai bahan perumusan dalam penyusunan RPJP dan Renstra.

“Universitas Andalas harus tetap fokus dalam menjalankan perannya, karena itu kejelasan arah program dan aktivitas harus mampu menjaga konsistensi pada tujuan jangka Panjang,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik