Padang (UNAND) – Dalam rangka audiensi kepada Rektor dan Dekan Fakultas yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan, Anggota Dewan Komisioner OJK (Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya) sambangi Universitas Andalas.

Agusman sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya mengungkapkan kehadirannya di Universitas Andalas sebagai bagian dari silaturahmi dan kolaborasi.

Ia mengakui dengan mempererat silaturrahmi dapat memperpanjang umur dan menambah rezeki. Agusman menuturkan cukup banyak alumni Universitas Andalas yang berkarir dan berkiprah di OJK.

Dikatakannya dengan banyaknya ahli dan pakar dari alumni Universitas Andalas sebagai praktisi, bisa di undang untuk berbagi pengetahuan di kampus. “Mungkin melalui kuliah umum dengan menghadirkan mahasiswa baik itu secara langsung maupun online,” ujarnya yang juga merupakan alumni Universitas Andalas.

Disampaikannya, kehadiran OJK di kampus sebagai bakti terhadap negeri dan juga bukti hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai lembaga independen dan kredibel. Tampak hadir dalam audiensi ini Roni Nazra Kepala OJK perwakilan Sumatra Barat, Khoirul Muttaqiem Kepala OJK Sumut, Darmansyah dan yang lainnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kehadirannya di Sumatera Barat dalam rangka pengukuhan  Roni Nazra sebagai kepala perwakilan Sumatra Barat mengganti Plt Kepala Guntar Kumala yang kembali bertugas di kantor pusat.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Syukri Arief mengemukakan kerja sama selama ini yang terjalin dengan OJK sangat baik terutama dalam menyerat alumni.

Secara umum setiap tahun ada Campus Hiring, kuliah umum dan juga pembekalan terhadap calon wisudawan, Prof. Syukri berharap OJK dapat mengisi ataupun memberikan info terbaru mengenai jasa keuangan kepada para mahasiswa.

Sebelumnya, Universitas Andalas juga berkolaborasi dengan OJK dalam sosialisasi Digital Financial Literacy (DFL), Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK) dengan menghadirkan Hasan fawzi Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK.

Selain itu, ia juga mengungkapkan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama enam bulan dan diakui sebanyak 20 SKS.

“Selain memberi peluang untuk meningkatkan keterampilan, program ini juga memberikan pengalaman langsung dalam berpartisipasi aktif disetiap pilihan program yang dipilihnya,” ujar Prof. Syukri yang didampingi Wakil Rektor II Dr. Hefrizal Handra, Wakil Rektor IV Dr. Henmaidi dan Sekretaris Universitas Dr. Aidinil Zetra, Dekan terpilih FEB Dr. Feri Adriyanus, Wadek Dr. Ma'ruf, serta Dosen Akuntansi 

Dikatakannya, melalui program MBKM ini mahasiswa Universitas Andalas bisa magang di OJK ataupun Praktisi dari OJK mengajar di kampus.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik