Padang (UNAND) - Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Andalas mengadakan University Research and Lecture Tours (URLT) dengan tema "Biodiversity and Oceanography" pada Senin (24/6) di Convention Hall Kampus Limau Manis.

Acara ini menghadirkan empat narasumber yakni Dr. Mattie Rodrigue (Science Program Director OceanX), Dr. Ofri Johan, M.Si (Research Group of Coral Root Ecosystem Conservation BRIN), Taufan Wiguna, M.T. (Research Center for Climate and Atmosphere BRIN), dan Dr. Elle Wibisono (Fishery Scientist Konservasi Indonesia).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama Pemerintah Indonesia dengan OceanX dalam eksplorasi laut terkait Marine Research and Technology, Public Awareness, dan Capacity Development.

Saat ini, rangkaian kegiatan sedang dilaksanakan sebagai bagian dari “Indonesia Mission 2024”. Salah satu kegiatan tersebut adalah Open Ship yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2024 di Teluk Bayur. Kegiatan ini juga bertepatan dengan bersandarnya kapal eksplorasi laut OceanX di Pelabuhan Teluk Bayur.

Aniza Suspita, S.Pi, M.Fsc, selaku Plt. Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenko Marves, menyampaikan kolaborasi dengan OceanX merupakan katalis untuk mengoptimalkan potensi laut Indonesia.

Tidak hanya riset, kolaborasi ini juga menitikberatkan pada aspek pendidikan, ada lima topik penelitian ekspedisi bersama Indonesia-OceanX, yaitu Keanekaragaman Hayati Laut, Potensi Karbon, Asesmen Stok Ikan, Pemetaan Gempa, dan Inovasi Produk.

Diharapkan melalui kolaborasi ini, Indonesia mampu menghasilkan riset yang bermanfaat untuk mendukung pengoptimalan potensi laut Indonesia.

Hal ini juga didukung oleh Henmaidi, Ph.D., selaku Wakil Rektor IV Universitas Andalas. Ia berharap Universitas Andalas, yang berada di deretan maritim, akan dapat menumbuhkan riset terkait kelautan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Saya yakin diskusi dan pertukaran ide yang akan berlangsung hari ini tidak hanya akan meningkatkan pemahaman kita tentang ekosistem laut tetapi juga akan menumbuhkan peluang penelitian dan kemitraan baru,” ujar Henmaidi.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik