Malaysia (UNAND) - Sejumlah dosen Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas melakukan benchmarking ke Institut Kajian Etnik (KITA) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Kunjungan ini disambut langsung oleh Prof. Dr. Kartini Aboo Talib selaku salah satu perwakilan pimpinan (KITA) pada Jumat (19/7) yang bertempat di UKM 43600 Bangi, Selangor, Malaysia.

Dr. Aidinil Zetra., M.A dan Dr. Tengku Rika Valentina., M.A mengemukakan ini merupakan peluang baru untuk kerja sama antara Universitas Andalas dan UKM.  Diharapkan dapat saling berkolaborasi antara program pelajar-pelajar dari Malaysia maupun Indonesia serta bertukar fikiran ataupun pertukaran pelajar nantinya.

Perbincangan ini mendiskusikan skema sistem pendidikan, agenda pertukaran pelajar dan beasiswa antara dua Universitas ini.

Seperti program kerja sama yang telah dilakukan dengan Nusa Cendana yang KITA dengan projek pembuatan buku bersama.

"Kalau KITA bisa dengan Universitas Andalas ini bagus sekali" ujar Prof. Dr Kartini Aboo Talib menanggapi rencana dari program-program yang ditawarkan oleh Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas.

Terkait studi exchange, KITA telah menerima setiap tahun pelajar dari Universitas Prancis dan Tokyo. Skema program KITA lakukan untuk dua universitas ini dengan membantu pengurusan masuk dan pencarian beasiswa hingga mengarahkan untuk kepeminatan jurusan.

Dia juga menceritakan kerja sama program dengan negara Jepang telah berlangsung selama 20 tahun hingga mendapatkan kepercayaan pihak universitas lainnya di Jepang.

Mengenai agenda saat ini perlu KITA dan Departemen Ilmu Politik memikirkan secara bersama untuk mengembangkan rencana program-program yang akan dicapai hingga output yang akan dihasilkan nantinya.

Selain itu, juga mengemukakan ide-ide program kerja sama bagi akademisi dan peneliti untuk ke depan, sedangkan untuk pelajar UKM yang akan belajar di Universitas Andalas akan dibuat bentuk skema terbaik. Sehingga mereka mendapatkan kenyamanan untuk melakukan kegiatan di Universitas Andalas.

Prof. Dr Kartini Aboo Talib juga menyampaikan akan membantu dan berbagi pengalaman bersama Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas jika ingin membentuk sebuah institute dan kajian ilmiah seperti KITA yang telah dikembangkan di UKM sampai saat ini.

Penulis: Billy Febrima Hidayat (Dosen Departemen Ilmu Politik, FISIP Univesitas Andalas)