Solok (UNAND) – Mahasiswa Peternakan Universitas Andalas edukasi Kelompok Tani (Poktan) Sejahtera Bersama Jorong Koto Japang, Nagari Padang Air Dingin, Solok pengolahan limbah dari kotoran sapi menjadi pupuk organik cair serta juga limbah dari kotoran sapi menjadi pupuk organik padat.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka Membangun Desa (MBKM MD) Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas,” ujar Wulandari.

Mahasiswa peternakan ini menuturkan sasaran utama kegiatan ini agar dapat memberikan inovasi baru bagi peternak dalam mengembangkan usaha peternakan, khususnya dalam meningkatkan ekonomi kelompok tani.

Adapun materi yang di sampaikan mencangkup tujuan, prosedur, dan fungsi pengolahan limbah kotoran sapi, kegiatan ini dapat menambah pemasukan dalam mengembangkan usaha baru pada kelompok tani.

Menurutnya, Nagari Padang Air Dingin sendiri sangat membutuhkan pasokan Pupuk Organik Padat untuk usaha padi, jagung dan tanaman palawija lainnya, jika kelompok tani dapat mengolah limbah kotoran urine ternak dengan baik maka masyarakat dapat mengurangi pengunaan pestisida dari bahan kimia.

“Dengan adanya Pupuk Organik Padat (POP) ini dapat menekan biaya produksi dalam penggunaan pupuk kimia,” ujarnya bersama rekannya Ella Rahmita dan Rani Amraini yang dibimbing langsung Dosen Pendamping Lapangan Dr. Ir. Arfa’I, MS dan Dr. Ir. Yuliaty Shafan Nur, MS.

Dikatakannya, pengolahan limbah kotoran ternak dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan alami yang ada disekitar berupa daun Tithonia sebagai sumber Nitrogen, Kunyit, Bawang Putih, Air rendaman sabut kelapa dan molasses.

Sedangkan untuk pengolahan feses dapat menambahkan bahan-bahan alami yang ada disekitar berupa daun Tithoni yang sudah di keringkan sebagai sumber Nitrogen, Dolomik, Bongkol Pisang, Serbuk Gergaji.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi anggota kelompok tani, tetapi juga menjadi contoh baik bagi pengembangan kelembagaan tani di daerah lain.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik