Sesuai dengan jadwal, pengumuman kelulusan SIMA UNAND Jalur Nilai UTBK Program D3 Tahun 2022 dapat dilihat pada laman http://hasil.pmbm.unand.ac.id/.

Bagi calon mahasiswa yang diterima pada program studi di Universitas Andalas dapat membaca pengumuman kelulusan dan Tata cara pendaftaran ulang di sini.

Calon mahasiswa diharapkan dapat membaca mekanisme tersebut dengan baik dan hati-hati. Tanggal-tanggal penting harus dicatat agar tidak salah yang dapat di lihat sebagi berikut:

  1. Registrasi
  2. Pembayaran SPP dan Biaya Pengembangan Institusi (tidak terdaftar KIP-K)
  1. Seluruh peserta lulus SIMA Nilai UTBK mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan Pendidikan yang diketahui orang tua/wali sesuai form yang dapat didownload pada link http://repo.unand.ac.id/46685/ lalu diupload pada link http://layanan.akademik.unand.ac.id/index.php/mandiri/ 
  2. Pembayaran SPP dan Biaya Pengembangan Institusi pada tanggal ( 18 - 24 Juli 2022)
  3. Besaran SPP dan Biaya Pengembangan Institusi per program studi sesuai SK di sini.
  4. Pembayaran SPP dan Biaya Pengembangan Institusi melalui Bank Syariah Indonesia, Bank BNI, Bank Nagari, dan Bank Mandiri bisa melalui teller ataupun mobile dengan menyebutkan/menginputkan nomor peserta pendaftaran. Petunjuk pembayaran dapat dicek melalui link https://pmb.unand.ac.id/ukt-uang-kuliah-tunggal/ 
  5. Setelah melakukan pembayaran UKT, calon mahasiswa mendapat PIN Registrasi untuk dipergunakan Registrasi Online. 
  1. Pendataan peserta terdaftar KIP-K
  1. Peserta lulus SIMA jalur nilai UTBK yang terdaftar KIP-Kuliah mengisi data dengan cara login ke link http://unand.net/kip pada tanggal 19 - 20 Juli 2022.
  2. Cek validasi kepesertaan KIP-Kuliah pada link http://unand.net/mandiri-helpdesk pada tab “Cari Data” mulai tanggal 21 Juli 2022 pukul (14:00). Jika hasilnya valid maka tagihannya 0 (nol) rupiah dan dikeluarkan PIN Registrasi untuk Registrasi Online (Poin C). Jika hasilnya tidak valid maka membayar SPP dan Biaya Pengembangan Institusi sesuai ketentuan.
  1. Melengkapi Biodata Online tanggal 19 - 24 Juli 2022 (http://registrasi.unand.ac.id/)

 

  1. Pemeriksaan Kesehatan (1 Agustus 2022)

Seluruh mahasiswa baru Universitas Andalas mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit UNAND diantaranya:

  1. Kesehatan Umum/Jasmani 
  2. Kesehatan Mata/Bebas Buta Warna (pilihan sesuai persyaratan Program Studi)
  3. Bebas NAPZA
  4. Bebas HIV/AIDS
  • Biaya Pemeriksaan Kesehatan- Biaya disetor/ditransfer ke rekening Bank Syariah Indonesia atas nama RPL 010 Unand OPR BLU RSGMP dengan nomor rekening 7788667714.
  • - Kelompok SOSHUM (Prodi yang tidak mensyaratkan bebas buta warna) sebesar Rp. 235.000,- (Dua ratus tiga puluh lima ribu rupiah) meliputi kesehatan umum/jasmani, bebas narkoba (NAPZA), dan bebas HIV/AIDS.
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan kesehatan : di lihat disini
  1. Jadwal Pemeriksaan Kesehatan
  • Jadwal Pemeriksaan Kesehatan sesuai dengan jadwal sebagai berikut :

No.

Tanggal

Tempat dan Waktu

Pembagian Fakultas

1.

Senin

1 Agustus 2022 

Rumah Sakit UNAND

Sesi I - Jam 08.00 – 12.00 WIB

Sesi II - Jam 13.00 – 16.00 WIB

 

Program Diploma Tiga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

 Catatan :

  • Bagi calon mahasiswa domisili di luar Sumatera Barat atau yang gagal registrasi dan belum mengikuti pemeriksaan kesehatan sesuai jadwal di atas dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan pada tanggal 9 - 12 Agustus 2022 dengan terlebih dulu melakukan booking secara online pada link http://rsp.unand.ac.id/bookingonline  dan mengikuti ketentuan.
  • Jika hasil pemeriksaan calon mahasiswa mengalami buta warna, maka mahasiswa dapat diusulkan pindah ke program studi yang tidak mensyaratkan bebas buta warna. Perpindahan program studi antar fakultas difasilitasi Biro Akademik dan Kemahasiswaan Rektorat berkoordinasi dengan fakultas terkait. Perpindahan program studi internal fakultas diusulkan fakultas terkait.
  1. Pendaftaran Peserta Asuransi Kesehatan (28 Juli - 19 Agustus 2022)

Seluruh calon mahasiswa wajib mempunyai kartu Peserta Asuransi Kesehatan yang masih berlaku (BPJS Kesehatan/ASKES/JAMKESMAS/JAMKESDA/KIS). Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta Asuransi Kesehatan agar segera melakukan pendaftaran. Informasi pendaftaran peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan dapat dilihat pada laman www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ atau melalui aplikasi Mobile-JKN. Bagi mahasiswa luar Kota Padang dapat memilih Klinik Medika Andalas sebagai Faskes Tingkat I. Untuk mahasiswa Kampus Payakumbuh dan Dharmasraya dapat memilih Fasilitas Kesehatan terdekat.

  1. Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM/ATM) tanggal 28 Juli - 19 Agustus 2022
  2. Lain-lain 
  1. Bagi calon mahasiswa yang bermasalah dalam proses registrasi dapat menghubungi sekretariat melalui email  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) wajib tinggal di Asrama, dan mengikuti semua ketentuan yang berlaku di asrama.  Tata cara pendaftaran asrama diatur tersendiri melalui pengelola asrama;
  3. Calon mahasiswa yang tidak melengkapi registrasi sesuai ketentuan dianggap mengundurkan diri.
  4.  Jika mengundurkan diri setelah mendaftar, UKT yang sudah disetor tidak dapat diminta kembali.

Bagi semua calon mahasiswa yang lulus seleksi SIMA UNAND 2022 dapat mengunduh semua dokumen yang ada di bawah.

  • Surat pernyataan Mahasiswa Baru (yang sudah lengkap) - Download

Rektor Unand mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah diterima melalui jalur seleksi SIMA UNAND 2022. Kelalaian dan kesalahan akibat tidak mengikuti mekanisme pendaftaran ulang yang telah ditentukan dapat mengakibatkan pembatalan kelulusan.

 

 

Universitas Andalas