Padang (UNAND) – Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt melantik sejumlah pejabat baru mulai dari Sekretaris Universitas (SU), Pengganti Antar Waktu (PAW) Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Kepala UPT, Manager, Kepala Kantor, Kasubdit, dan Kasi.  

Rektor mengemukakan pelantikan ini merupakan bagian dari langkah kerja Universitas Andalas dalam 5 tahun ke depan. Ia mengharapkan Universitas Andalas menjadi pusat pembelajaran berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Disampaikan rektor, fokus utama tetap pada internasionalisasi, reformasi kurikulum agar tetap relevan dan peningkatan kapasitas dosen, serta inovasi dosen agar memberikan pengalaman belajar berkelas dunia pada mahasiswa.

“Pembelajaran digital akan diperluas untuk memastikan akses yang lebih luas kepada mahasiswa,” tambahnya. Dikatakannya, Universitas Andalas akan menjadi institusi riset dan inovasi yang responsive terhadap kebutuhan masyarakat atau pasar.

Lebih lanjut, ia mengatakan melalui skema riset terpadu mulai dari dasar sampai produk dan hilirisasi, melalui kolaborasi riset dengan universitas berkelas dunia, melalui riset multidisplin berbasis kluster, Universitas Andalas akan menjadi pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang akan melahirkan inovasi-inovasi baru untuk kemandirian bangsa.

“Sebagai lembaga yang bertanggung jawab secara sosial Universitas Andalas akan terus aktif dalam program-program pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat. “Penerapan Iptek di lingkungan kampus mesti ditingkatkan sehingga menjadi contoh teladan seperti pengelolaan sampah, air, listrik dan transportasi yang menggunakan teknologi tepat guna,” ungkapnya.

Dalam aspek tata kelola Universitas Andalas akan terus melakukan transformasi, baik transformasi SDM, struktur ataupun transformasi bisnis proses. “Kita mesti serius untuk implementasi sistem informasi yang terintegrasi dan penguatan sistem menajemen kinerja serta sistem menajemen keuangan berbasis digital,” ujar rektor.

Pengembangan SDM diperkuat ke depan melalui blue print, dosen peneliti, tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki kapasitas, membangun talent pool dan Development program.

Universitas Andalas juga diarahkan menjadi lembaga yang mampu melakukan optimalisasi layanan pendidikan, karena bisnis utama di bidang pendidikan seiring terbukanya peluang sebagai PTNBH.

Adapun pejabat yang dilantik yakni Dr. Aidinil Zetra, M.A. sebagai Sekretaris Universitas, Dr. Mahdhivan Syafwan, S.Si, sebagai Dekan FMIPA, Dr. Sawirman, S.Pd., M.Hum sebagai Kepala UPT Bahasa.

apt. Yori Yuliandra, M.Farm., PhD sebagai Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Eng. Yulia Eka Putri, S.Si, M.Si sebagai Kepala UPT Laboratorium Sentral, Jonrinaldi, S.T., M.T., Ph.D sebagai Kepala UPT Pembelajaran di Luar Kampus, Dr. Ir. Nofialdi, M.Si sebagai Kepala UPT Kewirausahaan dan Karir, Dr. Hasanuddin, M.Si sebagai Kepala UPT Lembaga Sertifikasi Profesi, Dr. Eng. Budi Rahmadya, S.Kom., M.Eng sebagai Kepala Subdirektorat Pengembangan Kreativitas Mahasiswa.

apt. Suryati, S.Si., M.Si sebagai Manajer Fakultas Farmasi, Dessy Susanti, S.Pt., M.Pt. sebagai Kepala Seksi Administrasi Umum Fakultas MIPA, Zurniyanti, ST., M.Si sebagai Kepala Seksi Umum dan Sumberdaya Sekolah Pascasarjana.

Pramawahyudi, S.Kom. M.T. sebagai Kepala Seksi Layanan Sistem Informasi dan Layanan Teknologi Infomasi Direktorat Teknologi Informasi, Handi Rachmat Triandy sebagai Kepala Seksi Data dan Informasi Pendidikan Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran, Sosmiadi, S.Kom., M.Kom sebagai Kepala Kantor Fakultas Peternakan.

Dr. Kiki Yulianto, S.T.P., MP sebagai Kasubdit Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset, Martius, SH sebagai Kasi Tata Usaha Pengelola Kampus di Luar Kampus Utama, dan Ali Armon, SE sebagai Kasi Rumah Tangga.

Rektor mengucapkan selamat kepada yang dilantik, semoga sukses memegang amanah, semoga kolaboratif, sinergis dan bahu-membahu memajukan Universitas Andalas

Selain itu, Rektor juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kasubdit, Kepala UPT, Kepala Kantor, dan Kasi atas pengabdian dan dedikasinya selama memimpin Universitas Andalas.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik