Padang (UNAND) – Pelajari pengelolaan dan optimalisasi program Enhancing Quality Education for International University Recognition (EQUITY) Universitas Terbuka (UT) melakukan kunjungan ke Universitas Andalas.

Berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Rektorat UNAND pada Selasa (23/1) yang disambut oleh tim EQUITY Universitas Andalas diantaranya Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) Dr. Yurniwati, M. Si, Ak, Direktur Pendidikan dan Pembelajaran dr. Nur Afrainin Syah, Ph. D, Kepala Kantor Humas dan LIP Dr. Ernita Arif, MSi, Sekretaris LPM Dedison Gasni, Ph. D, beserta staf lainnya.

Fauzi Rahman Kosasih, S.S., M.Pd perwakilan tim EQUITY UT Bidang Penguatan Lembaga menuturkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) UT memiliki orientasi untuk menjadi World Class Teaching University.

Ia ditugaskan oleh pimpinan untuk belajar ke tim EQUITY Universitas Andalas tentang bagaimana pengelolaan dan optimalisasi program EQUITY itu sendiri.  

Fauzi menambahkan sebagai perguruan tinggi yang baru berstatus PTNBH dituntut untuk lebih banyak belajar. Selain itu, dikatakannya dengan jumlah mahasiswa lebih dari 500 ribu, sistem pembelajaran di UT menerapkan sistem belajar jarak jauh (BJJ) melalui perantara media dengan memanfaatkan teknologi.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Henmaidi, Ph.D mengatakan Universitas Andalas sebagai PTNBH memiliki cita-cita untuk menjadi universitas yang fokus pada riset, sehingga orientasinya adalah World Class University.

“Alhamdulillah, hasilnya sudah mulai tampak dengan tiga tahun terakhir Universitas Andalas meraih paten terbanyak secara nasional termasuk design industri dan juga hak cipta di Indonesia.  

Sejauh ini, Universitas Andalas juga sudah melakukan kerja sama dengan UT melalui Indonesia Cyber Education (ICE) Institute,” jelasnya. Lebih lanjut. Ia mengatakan pengelola EQUITY Universitas Andalas berasal dari berbagai lintas bidang yang saling berkoordinasi dalam menjalankan program ini.

Ia berharap, kegiatan ini bisa saling berbagi pengalaman satu sama lain dan memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik