Padang (UNAND) - Universitas Andalas tandatangani perjanjian kerja sama Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi non-akademik dengan Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat di Hotel Truntum, Padang, pada Senin (4/3). Wakil Rektor I UNAND Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng mewakili Rektor menandatangani perjanjian tersebut bersama Ketua Kwartir 03 Daerah Sumatra Barat, Dr. Ir. Audy Joinaldy.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung lahirnya sumber daya manusia (SDM) unggul. Selaras dengan yang disampaikan oleh ketua pelaksana RAKERDA Dr. Hj. Azhariah Fatia, MA yang menyebutkan bahwa dalam proses transformasi gerakan pramuka saat ini, gerakan pramuka dituntut mampu mewujudkan sumber daya manusia yang profesional.

Kerja sama ini tidak hanya terjalin dengan Universitas Andalas namun juga dengan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol dan Universitas Negeri Padang. Dr. Ir. Audy Joinaldy selaku ketua Kwartir 03 Daerah Sumatra Barat yang menyampaikan bahwa kerja sama ini diadakan untuk membuka lebih banyak kesempatan bagi anak-anak berprestasi khususnya di bidang pramuka untuk menempuh pendidikan tinggi terbaik, karena tercatat ada peningkatan prestasi di bidang ini.

"Sehubungan dengan meningkatnya prestasi anak-anak pramuka di Sumatera Barat, maka kerja sama ini diadakan untuk mendukung anak-anak tersebut memiliki kesempatan memasuki universitas dengan jalur prestasi dari kegiatan Pramuka," ujarnya.

Selain menandatangani perjanjian kerja sama, acara ini juga sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat tahun 2024. Adapun tema yang diusung dalam RAKERDA ini adalah Transformasi Gerakan Pramuka Untuk Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional.  RAKERDA ini mengawali rencana kerja agar semua program yang telah direncanakan berjalan dengan baik.

Pembukaan RAKERDA ini dihadiri 11 dari 19 Kwartir cabang yang ada di Sumatra Barat. Kemudian untuk peserta sendiri terdiri dari kurang lebih 200 orang peserta. 

Melalui RAKERDA ini Dr. Ir. Audy Joinaldy berharap lahirnya ide-ide dan gagasan cemerlang untuk mengembangkan Gerakan Pramuka Sumatera Barat. Ia juga berharap adanya peningkatan prestasi untuk tahun-tahun berikutnya hingga Gerakan Pramuka Sumatera Barat dapat melaju di liga nasional. 

"Sumatera Barat tergiat 2 di Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka se-Sumatra tahun ini, tahun depan kita harus bisa masuk 3 besar liga nasional," ungkapnya

Dr. Ir. Audy Joinaldy juga mengucapkan terima kasih kepada ketiga universitas yang telah menerima tawaran kerja sama ini dengan respon yang cepat. (De)

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas