Padang (Unand) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan masyarakat unggul serta bermartabat.

Kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Kabupaten Meranti Muhammad. Adil dengan Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin, MS yang disaksikan oleh Wakil Rektor IV Dr. Hafrizal Handra, M.Soc, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Dr. Eng Muhammad Makky, MSi pada Kamis (11/8) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Bupati Adil mengatakan ini merupakan wujud nyata dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan masyarakat yang unggul dan bermartabat khususnya masyarakat Kepulauan Meranti.

Menurutnya, Universitas Andalas sebagai universitas tertua di luar pulau Jawa yang sudah tidak diragukan lagi keberdaannya dan memilki dosen kepakarannnya masing-masing. Ia berharap akan banyak siswa-siswi berprestasi untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas.

“Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini merupakan salah satu wujud ikhtiar pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai prioritas utama untuk menjadikan Meranti maju cerdas dan bermartabat,” ujarnya.

Dilanjutkannya, ini juga salah satu program pemerintahannya yakni Meranti Cerdas untuk melahirkan 5.000 sarjana, 500 Magister dan 200 Doktor.

“Ini butuh kolaborasi dengan universitas yang memiliki lembaga kerja sama dan riset, oleh karena itu, ia berharap ini dapat memberikan kemajuan bagi kedua belah pihak baik Universitas Andalas maupun juga Pemda Meranti,” terang Bupati Adil. 

Ia berharap Kerja sama ini dapat dilaksanakan secara kongkrit dan Universitas Andalas dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia yang memilki daya saing kompetitif.

Sementara itu, Prof. Mansyur mengatakan disamping kerja sama bidang pendidikan Universitas Andalas juga membuka ruang-ruang kerja sama seperti penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Hal ini juga diarahkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti bidang pertanian, kesehatan, peternakan dan bidang lainnya,” ujarnya. Dikatakannya dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi tidak hanya dalam lingkungan kampus tetapi juga bermitra baik dengan berbagai stakeholder.

Lebih lanjut, Prof. Mansyur juga mengatakan Universitas Andalas juga termasuk perguruan tinggi dengan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terbanyak dibidang kerja sama. (*)

Humas dan Protokol Unand