Padang (UNAND) - Universitas Andalas mengadakan kegiatan Pelatihan Desain Data Visual yang diikuti oleh staf selama dua hari (29-30/11) bertempat di studio Pusat Kegiatan Mahasiswa  kampus Limau Manis.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dari staf Universitas Andalas, baik itu tenaga kependidikan maupun dosen, dalam penyiapan bahan presentasi dan data visual.

Sekretaris Universitas Henmaidi, S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D selaku mengatakan, antar pimpinan memiliki kemampuan yang signifikan dalam menyajikan bahan presentasi. Ada yang kreatif, ada yang ala kadarnya. Sementara, impresi orang lain sangat dipengaruhi oleh tampilan presentasi yang disajikan. 

“Para tenaga pendidik yang mengikuti pelatihan, diharapkan dapat membantu pimpinan di setiap unit untuk menyiapkan bahan presentasi yang mampu mengikuti kaidah-kaidah presentasi yang baik,” ujarnya.

Menurutnya, dalam menyiapkan presentasi harus menampilkan gambar, data presentasi, dan desain visual yang berdampak. Dari pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan efektifitas pembelajaran. Nantinya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi institusi dan juga mahasiswa.

Peserta pelatihan mendapatkan modul yang berisikan materi seputar desain Powerpoint yang berguna untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai desain grafis, juga terdapat 17 video free class yang dibagikan guna membantu para peserta dalam belajar mendesain slide Powerpoint. 

Dijelaskan oleh Andy Sukma Lubis selaku pemateri, dalam pembuatan desain Powerpoint sendiri, hal yang paling utama adalah kita harus mengetahui tujuan serta audiens yang menjadi target presentasi.

Ia memberikan beberapa contoh slide, beserta cara membuat dan tips agar slide Powerpoint tersebut terlihat menarik namun, tetap dapat menyampaikan informasi dengan baik dan mudah dipahami.

“Prinsip dalam pembuatan desain adalah keseimbangan, dikarenakan tujuan dari Powerpoint itu sendiri adalah mempermudah pemahaman dalam penyampaian informasi,” ujarnya.

Ia menutup dengan mengharapkan para tenaga kependidikan mampu menciptakan bahan presentasi yang ada kadarnya bukan ala kadarnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND