Padang (UNAND) - Seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas jalur beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) memasuki tahap akhir, dengan dilaksanakannya psikotes dan wawancara pada Senin (12/12) yang berlangsung di UPT Pusat Bahasa UNAND kampus Limau Manis.

Psikotes dilaksanakan oleh tim Laboratorium Pelayanan Psikologi Terpadu (LPPT) Prodi Psikologi UNAND. Sementara pada tahap wawancara, peserta akan bertemu langsung dengan dekan dari masing-masing fakultas yang menjadi pilihan mereka.

Dari 4.577 pendaftar awal, hanya sekitar 150 siswa yang lolos ke tahap terakhir, untuk berkompetisi demi mengisi kuota 20 kursi di prodi-prodi terbaik di UNAND dari 15 fakultas yang ada, termasuk Fakultas Kedokteran. 

PIC OSC UNAND Ashari Darmawan, S.Kom., M.Kom menyebutkan tingkat minat pada masing-masing prodi yang disediakan masih belum merata, dengan prodi kedokteran tercatat sebagai prodi dengan ketetatan paling tinggi pada seleksi ini. 

Disampaikannya, ada 77 (peserta) yang memilih kedokteran, sementara kuota hanya satu kursi dan ada beberapa fakultas yang kuotanya satu dan pendaftarnya juga satu. “Oleh karena itu, harapannya terutama pembimbing untuk mengatur strategi di sekolah agar dapat memanfaatkan peluang yang ada pada seleksi ini pada pelaksanannya tahun depan,” ujarnya. 

Universitas Andalas sendiri menjadi Perguruan Tinggi Negeri pertama yang menjadi mitra penyelenggaraan program OSC yang dibesut oleh medcom.id. Bersama 26 perguruan tinggi mitra lainnya di Indonesia,  tersedia 526 kuota beasiswa S1 yang meliputi bebas uang pangkal, bebas uang semester selama 8 semester, tabungan Pendidikan, bantuan living cost untuk pemenang terpilih, kesempatan magang, hingga bekerja di Media Group.

Direktur Kemahasiswaan Khandra Fahmy, S.TP., MP., Ph.D. menyebut, pihaknya senang menjadi bagian dari program yang dapat membantu calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di UNAND, dan siap untuk menerima siswa-siswi terbaik untuk tahun ajaran selanjutnya.

Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada Medcom.id yang telah mengundang UNAND menjadi salah satu mitra dari program OSC Medcom.id. “Dengan keikutsertaan ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi minat siswa-siswi SMA yang bergabung di UNAND dengan beasiswa yang didanai Medcom.id," ujar Khandra. (*)

Humas dan Protokol UNAND