Padang (UNAND) – Dalam rangka mendapatkan informasi secara langsung terkait penerimaan mahasiswa baru, SMAN 1 Payakumbuh mengunjunggi Universitas Andalas pada Jumat (6/1) bersama majelis guru.

Sekretaris Universitas Dr. Henmaidi mengucapkan selamat datang kepada rombongan SMAN 1 Payakumbuh di kampus UNAND Limau Manis. Disampaikannya Universitas Andalas memiliki tiga kampus, dimana kampus utamanya berada di Padang, kampus II di Payakumbuh dan Kampus III di Dharmasraya.

Ia menekankan kepada para siswa untuk mulai memetakan rencana masa depan, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Drs. Erwin Satriadi, MPd mengungkapkan harapannya agar anak didiknya dapat lebih banyak lagi diterima di kampus ini dan menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Andalas.

“Tahun sebelumnya dari alumni SMAN 1 juga banyak yang diterima di UNAND yang tersebar di berbagai Program Studi, baik itu di Saintek maupun di Soshum,” ujarnya.

Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc, yang menjadi pemateri untuk penerimaan mahasiswa baru ini mengungkapkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur Seleksi Mandiri.

“SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing,” terangnya.

Disampaikannya untuk kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%, bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023,” ujarnya.

Lalu, untuk peserta SNBT dikatakannya harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN, peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali yang dikenai biaya pendaftaran.

“Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023,” ujarnya. Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk info lebih detail dan terkait penerimaan mahasiswa baru dapat mengunjungi laman pmb.unand.ac.id (*)

Humas dan Protokol UNAND