Padang (UNAND) - Universitas Andalas menyambut dua sekolah yaitu MAN 1 Kota Payakumbuh dan SMAN 2 Pangkalan Kerinci pada Rabu (25/1) di Gedung Convention Hall Limau Manis sebagai bagian sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.

Asrul Asrul Ikhya, S.AP., M.AP menyebutkan Universitas Andalas sudah berstatus PTNBH sejak 2021 lalu, dan memperoleh kewenangan akademik serta non akademik.

“Salah satu keuntungannya adalah dapat membuka program studi sesuai dengan keinginan pasar dan juga memiliki kesempatan untuk menambah kuota dalam penerimaan mahasiswa baru,” terangnya. 

Kegiatan ini disertai dengan penayangan video profile UNAND sebagai bentuk pengenalan terhadap siswa. UNAND sendiri merupakan kampus yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama, sehingga nantinya dapat memudahkan para alumni nya di dalam dunia pekerjaan. 

Narasumber dari kegiatan ini yaitu Muhammad Yusra, Ph. D yang juga sekretaris Departemen Hubungan International (HI) menyampaikan UNAND merupakan kampus dengan akreditasi A sejak tahun 2014-2022 dan kini berakreditasi unggul sejak 3 Desember 2022.

“Saat ini UNAND memiliki 136 program studi serta dilengkapi dengan Gedung kuliah, asrama, pusat kegiatan mahasiswa, ruang seminar, rumah sakit, laboratorium, dan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan pendidikan mahasiswa,” ujarnya. 

Ia menjelaskan ada tiga jalur penerimaan mahasiswa tahun 2023 yakni SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Mandiri. “Untuk jalur Seleksi Mandiri (SIMA) UNAND digolongkan menjadi lima, berdasarkan kemampuan akademik (SIMA AKADEMIK) prestasi unggul (SIMA PRESTASI), disabilitas (SIMA DISABILITAS), kerja sama (SIMA KERJASAMA), dan mahasiswa internasional (SIMA INTERNASIONAL),” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini aturan mengenai lintas jurusan oleh siswa SMA sudah tidak sama seperti dulu. “Siswa dari jurusan IPA dan IPS dapat dengan bebas memilih jurusan yang diinginkan,” pungkasnya.

Humas dan Protokol UNAND