Padang (UNAND) - Universitas Andalas serahkan SK kepada 111 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Kamis (1/8).

Penyerahan SK ini diberikan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D kepada beberapa perwakilan CPNS secara simbolis. Ia mengucapkan selamat bergabung dan mengabdi di Universitas Andalas para CPNS dan dituntut untuk dapat menunjukkan dua hal, yakni Integritas dan Profesionalisme.

Dikatakannya, integritas adalah bagaimana seorang pendidik harus jujur, konsisten, dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan. “Sedangkan Profesionalisme menuntut pendidik untuk bekerja dengan standar tinggi, dan menghormati etika profesi,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan dua hal ini hendaknya dapat diterapkan untuk melahirkan kinerja yang berkualitas. Sebagai seorang dosen, CPNS Universitas Andalas tentu memiliki tiga tugas utama yang dikenal dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Ketiga aspek tersebut harus dijalankan secara seimbang dan sinergis,” ujarnya yang didampingi Wakil Rektor III Prof. Kurniawan. Selain itu, Universitas Andalas juga mendukung peningkatan jenjang pendidikan dosen yang baru untuk mendorong lahirnya pengajar yang lebih inovatif dan kreatif.

Dikatakannya, saat ini Universitas Andalas mengirim 161 orang dosen ke universitas dalam dan luar negeri untuk menuntut ilmu hingga meraih gelar akademis tertinggi. “Dosen baru Universitas Andalas juga berhak untuk mendapatkan kesempatan tersebut,” tuturnya.

Hal ini juga merupakan indikator pendukung Universitas Andalas menuju kelas global. Menurutnya, semakin banyak tenaga pendidik dengan gelar doktor maka semakin tinggi mutu pendidikan yang diajarkan.

Rektor juga menantang CPNS Universitas Andalas untuk mampu menciptakan metode belajar yang kreatif dan menyenangkan. “Melalui metode tersebut diharapkan lahir SDM unggul sesuai dengan misi universitas,” ujarnya.

Disamping itu, tuntutan untuk berkontribusi dalam mendorong peningkatan Universitas Andalas di persaingan kelas global juga menjadi tanggung jawab bersama.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik