Padang (UNAND) – Departemen Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas menggelar kegiatan yang bertajuk “Mengoptimalkan Potensi Gen Z: Sinergi Pendidikan Karakter di Dunia Kampus” pada Kamis (24/10).

Acara berlangsung di Gedung Perpustakaan Lantai 5 menghadirkan narasumber Dr. Aqua Dwipayana, M.I.Kom, seorang pakar komunikasi dan motivator nasional, sekaligus penulis buku “The Power of Silaturahmi.”.

Dr. Sarmiati, M. Si, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi, mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran Dr. Aqua yang menyempatkan waktu untuk berbagi wawasan dengan para mahasiswa. “Kami sangat berterima kasih kepada beliau yang telah bersedia berbagi ilmu di sini,” ungkapnya.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Universitas Andalas, tetapi juga oleh mahasiswa dari universitas lain, seperti Universitas Eka Sakti dan Universitas Dharma Andalas.

Dr. Sarmiati berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa Universitas Andalas dan juga dari kampus lainnya di Sumatera Barat, terutama dalam mengembangkan potensi diri melalui pendidikan karakter yang sinergis dengan keahlian komunikasi.

Selaras dengan tema yang diusung, Dr. Aqua menekankan Gen Z memiliki potensi besar di era teknologi digital. “Gen Z adalah generasi yang hebat karena memiliki kesadaran untuk hidup mandiri,” ujarnya.

Ia juga bersyukur atas kehadiran Gen Z yang tidak hanya mandiri, tetapi juga berkeinginan untuk tidak merepotkan serta membanggakan orang tua. Hal ini mencerminkan karakter keluarga dan pendidikan yang mereka terima, di mana komunikasi memiliki peran penting.

Ia menambahkan selain potensi akademik, mahasiswa juga perlu didukung oleh karakter yang kuat. “Karakter yang baik mencakup integritas, etika, empati, dan tanggung jawab. Ini adalah pondasi yang kokoh untuk membangun masa depan yang sukses,” tuturnya.

Ia menekankan karakter yang baik merupakan kunci sukses dalam berkomunikasi, di mana kemampuan mendengarkan, menghargai perbedaan, dan menjalin hubungan positif dengan orang lain adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap mahasiswa.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik