Padang (UNAND) - Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mengandeng Universitas Andalas (UNAND)

untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan sebagai langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada Rabu (28/9/2022) di Ruang Rapat Senat Lantai IV UNAND Kampus Limau Manis.  Kerjasama ini tertuang dalam Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Pemko Pariaman dengan UNAND tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Sumber Daya Institusi.

Naskah kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Rektor UNAND, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH, dan Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, S.Sos, M.Si. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Wakil Rektor I UNAND dengan Sekretaris Daerah Kota Pariaman, tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Melalui Jalur Seleksi Masuk Berdasarkan Kerjasama.

“Kerjasama Ini bentuk upaya kita dalam mengatasi kemiskinan di Kota Pariaman, dimana karena kemiskinan menyebabkan orang tidak bisa sekolah, dan tidak sekolah membuat orang menjadi miskin. Kita sudah berusaha memperbaikinya dari berbagai bidang dan lembaga yang ada, namun belum ada perubahan yang signifikan. Sehingga, kami membentuk program yang bersifat lintas sektoral, yaitu program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA) dan langkah konkret lainnya dengan mengandeng perguruan tinggi seperti Universitas Andalas sebagai salah satu perguruan terbaik di Indonesia untuk mendidik dan melahirkan generasi emas dari Kota Pariaman” ujar Wako Pariaman.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program SAGA SAJA ini berfokus pada pendidikan yang menjadi fundamental untuk meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan. “Melalui program ini, kita menjalin kerjasama dan mengirim anak-anak Pariaman ke Perguruan Tinggi agar tetap dapat melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.”

Wako Pariaman juga menambahkan bahwa tahun ini, Pemko Pariaman telah mengirim 14 orang mahasiswa ke untuk menempuh pendidikan di Universitas Andalas. Walaupun belum melakukan kerjasama dengan UNAND. Kita tentu berharap setelah dilaksanakannya kerjasama ini semakin banyak putra-putri daerah kota Pariaman yang menempuh pendidikan di Universitas Andalas dan ketika lulus dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, memajukan kota Pariaman dan Indonesia.

Sementara itu, Rektor Unand menyambutkan baik atas kerjasama yang dilakukan. Rektor juga menyampaikan keterbukaan UNAND dalam menerima mahasiswa khususnya yang masuk dengan dukungan pembiayaan dari pemerintah seperti program Kartu Pariaman Pintar. 

“Unand siap untuk memberikan layanan pendidikan terbaik kepada seluruh masyarakat Kota Pariaman yang ingin menempuh pendidikan di UNAND. Selain itu, banyak program yang tentunya bisa kita kerjasamakan seperti program magang bersertifikat, program merdeka belajar kampus merdeka serta program lainnya,” ujar Rektor.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pariaman, Ketua Baznas Kota Pariaman, Kabag Pemerintahan Sekda Kota Pariaman, Jajaran Direktur UNAND dan Rumah Sakit UNAND, serta Dekan dan Wakil Dekan se-lingkungan UNAND. (*)

Humas dan Protokol Unand