Padang (UNAND) - Universitas Andalas menyambut hampir 200 siswa dan guru dari SMA Negeri 1 Candung, Agam, dalam rangkaian kegiatan Smancand Goes to Kampus pada Selasa (27/9/2022) pagi di Ruang Seminar Perpustakaan Lantai 5 UNAND Kampus Limau Manis.

Kegiatan visitasi ini dilaksanakan sebagai salah satu program sekolah dengan tujuan untuk mensosialisasikan mengenai pembelajaran di kampus, dan diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

“Kami dengan senang hati menerima kedatangan SMAN 1 Candung, yang menjadi sekolah pertama dalam melakukan kunjungan ke UNAND pada tahun ini. Semoga dengan kunjungan ini, bisa melihat secara langsung kehidupan kampus dan fisik kampus, dan berkeinginan untuk masuk ke UNAND,” ucap Kepala Seksi Layanan Administrasi Pendidikan, Asrul Ikhya, M.Ap.

Kepala SMAN 1 Candung, Drs. Zulfikar, M.Pd menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya jumlah lulusan sekolah yang berkuliah di UNAND.

“Kami harap kunjungan ini dapat meningkatkan antusiasme ananda siswa-siswi untuk berkuliah, sehingga lebih banyak yang diterima di UNAND, baik dari jalur prestasi maupun jalur tes,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, siswa serta majelis guru mendengarkan paparan mengenai UNAND, mulai dari ragam fakultas dan jurusan, fasilitas, akreditasi, hingga jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui penyampaian materi dan penayangan video.

“Di UNAND sebenarnya ada banyak ragam jurusan lain yang bisa adik-adik pilih. Jadi, bukan hanya masuk ke jurusan-jurusan favorit saja yang dinamakan kuliah, tapi bisa disesuaikan dengan minat dan kesukaan masing-masing,” ucap Sekretaris Departemen Hubungan Internasional, Dr. Muhammad Yusra.

Dalam penjelasannya, beliau menyebut bahwa ada beberapa bidang yang prospek pekerjaannya cukup menjanjikan di Indonesia, sesuai dengan potensi sumber daya yang tinggi, yaitu jurusan-jurusan di Fakultas Peternakan dan Pertanian. Pada kedua bidang tersebut, ia menyebut bahwa UNAND memiliki fasilitas pendukung yang sangat baik, seperti kandang hewan ternak dan lahan pertanian sendiri.  

Selain tanya jawab mengenai perkuliahan, siswa-siswi juga diperkenankan berkeliling di UNAND untuk mengetahui lebih banyak tentang kampus tertua di luar Pulau Jawa ini.(*)

Humas dan Protokol UNAND