Padang (UNAND) – Sebagai upaya memperkenalkan dan mengedukasi terkait perubahan Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 serta persiapan yang diperlukan untuk menghadapi Anugerah Kerja Sama Universitas Andalas menggelar sosialisasi.

Sosialisasi ini menghadirkan Koordinator Substansi Kerja Sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Yayat Hendayana, M. Si dan Subkoordinator Kerja Sama Setdirjen Dikti Firman Hidayat, M. Si yang berlangsung pada Rabu (6/9) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Hefrizal Handra, MSoc menuturkan IKU 6 pada Perguruan Tinggi Negeri menjadi salah satu tolak ukur yang digunakan untuk mengukur pencapaian dan kinerja PTN dalam aspek kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

“IKU 6 ini berfokus pada upaya PTN dalam membangun jaringan kerja sama, baik ditingkat nasional maupun internasional guna mendukung pengembangan akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan lainnya,” sambungnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta terkait perubahan terbaru dalam IKU 6 serta persiapan yang diperlukan untuk menghadapi Anugerah Kerja Sama.

Sementara itu, Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas Dr. Eng Muhammad Makky mengatakan setiap tahun terdapat penyempurnaan pada indicator, target pencapaian, atau pengukuran dampak kerja sama yang diterapkan.

Oleh karena itu, disampaikannya sosialisasi ini menjadi sarana penting untuk memastikan semua pihak yang terlibat untuk memahami dengan baik bagaiamana mengukur dan mengevaluasi efektivitas kerja sama yang dilakukan Universitas Andalas.

Lebih lanjut, Makky juga menyampaikan anugerah ini merupakan bentuk pengakuan terhadap organisasi atau instansi yang telah berhasil mencapai kerja sama dalam berbagai bidang.

Menurutnya, persiapan yang matang diperlukan agar Universitas Andalas dapat mengajukan pencapaian kerja sama terbaiknya dan mendapatkan apresiasi yang sesuai.

Dengan pemahaman yang mendalam terhadap IKU 6 dan kesiapan untuk mengikuti anugerah ini diharapkannya peserta dapat mengoptimalkan kerja sama lintas sektor dan berkontribusi pada perkembangan yang lebih baik pada berbagai bidang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Direktur, Kaprodi, Penanggung Jawab Kerja Sama, dan admin Sikerma di lingkungan Universitas Andalas.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik