Padang (UNAND) – Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Dr. Agus Gumiwang Kartasismita, M.Si menyambangi pojok inovasi Universitas Andalas pada Senin (4/9) di Gedung Convention Hall.

Kegiatan ini berbarengan dengan Kuliah Umum bersama Menperin dengan tema “Peningkatan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Melalui Pengembangan SDM Industri”.

Dr. Eng. Muhammad Makky Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas menuturkan ada beberapa produk inventor yang dipamerkan dalam kegiatan ini.

“Produk-produk tersebut diantaranya Tinta Pemilu Gambir, Komposer Semi Anaerob, Kain Batik dengan Motif dari Naskah Kuno, Tenun Teluk Kabung, Alat Sensor Sawit, Teh Gambir dan Teh Sungkai, Cream Anti-Aging Berbahan Baku Stem Cell,” ujarnya.

Dikatakan Makky, jika tidak ada halangan, produk ini nantinya juga akan dipamerkan dalam kegiatan Inari Expo di Bogor pada tanggal 20-23 September 2023 mendatang.

Menperin Agus juga sudah mencoba salah satu produk hilirisasi kita yakni tinta gambir yang akan dipakai pada Pemilu tahun 2024.

Ia memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Universitas Andalas tentang keberhasilan memenangkan pengadaan logistik tinta dalam rangka Pemilu 2024 mendatang. “Saya senang mendengar Universitas Andalas berhasil mengembangkan hasil riset kampusnya yang merupakan hasil besar yang digunakan secara nasional,” sambungnya.

Ia juga sudah nyemplungin jari telunjuk saya ke tinta Pemilu Universitas Andalas yang akan dipakai untuk Pemilu 2024 nanti. “Setelah dicoba, tintanya tidak menyebabkan iritasi atau gatal pada kulit serta juga tahan lama dan tidak mudah hilang,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga melihat beberapa hasil inovasi dan riset dari inventor Universitas Andalas lainnya di Pojok Inovasi yang sudah disediakan panitia. Dikatakannya, semua sangat bagus dan punya daya saing yang tinggi.

Menperin yakin produk-produk ini akan diterima di pasaran. Menurut saya, dengan banyaknya produk-produk yang berkualitas dari Universitas Andalas, maka akan memikat banyak pihak untuk berkolaborasi dengan di masa yang akan datang.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik