Padang (UNAND) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bersama Sekretaris Universitas resmikan Unit Kearsipan II Universitas Andalas. Peresmian ini juga sekaligus dengan penyerahan arsip statis dan pemusnahan arsip usul musnah FISIP. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang sidang Dekanat FISIP pada Senin (12/8/2024).

Di akhir masa jabatannya sebagai Dekan, Dr. Azwar M.Si membentuk tim kearsipan II. Hal ini merupakan bentuk manifestasi dari peraturan rektor mengenai kearsipan di lingkungan UNAND. Oleh karena itu, hal ini merupakan respon yang positif dari FISIP untuk mewujudkan peraturan tersebut. 

Tahap pertama dilakukan pelatihan kepada seluruh tendik FISIP mengenai pengolahan kearsipan dengan harapan program yang dibuat matching dengan kemampuan tendik FISIP. Dr. Azwar M.Si selaku Dekan berharap program ini dapat terus berlanjut di bawah kepemimpinan Dekan yang baru. 

Dr. Aidinil Zetra selaku Sekretaris Universitas menyampaikan turut berbangga atas berdirinya Unit Kearsipan pertama di UNAND di FISIP ini. "Semoga hal ini akan diikuti oleh fakultas atau unit kerja lainnya di UNAND," ujarnya.

Arsip menjadi hal yang sangat penting karena ada warisan-warisan intelektual dan sejarah yang tertuang di dalamnya. Selain itu, kearsipan juga sebagai bukti kemajuan dari suatu lembaga atau institusi yang dikelola dan sebagai refleksi atas apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dr. Aidini Zetra memiliki goals untuk menjadikan UNAND sebagai senter edukasi kearsipan di Sumatera Barat. Oleh karena itu, cita-cita untuk mendirikan prodi kearsipan di UNAND patut diwujudkan. 

Melalui acara peresmian ini, Dr. Aidinil Zetra juga menyampaikan bahwa UNAND akan segera menuju kearsipan digital yang lebih modern dan praktis. Hal ini tentunya didukung dengan memperbanyak jumlah arsiparis di UNAND. Di akhir kegiatan Dr. Aidinil Zetra memberi pesan kepada FISIP untuk dapat segera menginisiasi berdirinya Prodi Kearsipan.

Kegiatan ini juga ditandai dengan penyerahan berkas arsip statis dan arsip usul musnah ke Unit Kearsipan I untuk ditinjau ulang sebelum dimusnahkan.

Selain dihadiri oleh Sekretaris Universitas, peresmian ini juga disaksikan oleh Dekan dan tendik kearsipan dari fakultas lainnya. (De)

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik