Padang (UNAND) - Tim Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemendikbudristek menjadi narasumber di kegiatan Workshop Pendampingan Penyusunan Rencana Pengembangan Kompetensi ASN di Universitas Andalas (UNAND) yang digelar pada Sabtu (7/9/2024) di Gedung Rapat MWA Auditorium UNAND.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Wakil Rektor III UNAND, Prof. Dr. Kurnia Warman, SH. M.Hum, yang menyebut bahwa ASN memiliki tanggung jawab kepada masyarakat. “ASN merupakan aparat negara yang bertugas di bawah naungan lembaga eksekutif, memiliki tanggung jawab dalam melayani masyarakat,” ujar Prof. Kurnia. Menurutnya, workshop ini penting karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Dalam upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), UNAND terus berinovasi dalam menyusun program pendidikan yang mendukung peran ASN di tengah masyarakat. "Kami sangat bersyukur atas kehadiran para ahli dari Kemendikbud Ristek yang berkolaborasi dengan universitas untuk memberikan panduan dan arahan dalam menyusun kebijakan dan program pengembangan ASN. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah kita terus berinovasi ke arah yang baik," sambung WR III dalam kata sambutannya

Workshop ini dihadiri oleh dekan dari berbagai fakultas serta perwakilan-perwakilan dari beberapa departemen di UNAND. Kehadiran mereka memastikan adanya kolaborasi dan sinergi yang lebih kuat dalam penyusunan rencana pengembangan kompetensi ASN.

 

Tak hanya menyajikan materi, Tim Biro SDM Kemendikbud Ristek juga memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Praktek Penyusunan Rencana Pengembangan Kompetensi ASN, dimana para peserta dapat langsung berdiskusi dan bertanya langsung kepada para ahli.

Hal ini memberikan kesempatan untuk bisa mendapatkan panduan yang lebih komprehensif dalam memastikan dan memelihara kemampuan para pegawai untuk dapat membagi waktu dan visi optimal bagi organisasi.

Ini merupakan salah satu bukti bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan pemerintah pusat dapat menghasilkan inovasi yang membawa dampak positif bagi pengembangan SDM di lingkungan ASN dan masyarakat. (fd)

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik