Padang (UNAND) - Fakultas Peternakan (FATERNA) Universitas Andalas menyelenggarakan Musyawarah Besar (MUBES) pada Minggu (6/10) di Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manis yang dihadiri oleh perwakilan dari 32 angkatan alumni dari total 56 angkatan, serta Plt Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (DPP IKA) FATERNA UNAND, Ir. Suharman Noerman, menyampaikan bahwa MUBES ini bertujuan untuk merevisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tahun 2020, memilih pengurus baru periode 2024-2029, dan merumuskan program kerja strategis untuk masa depan organisasi.

"Kegiatan ini merupakan momentum penting untuk melanjutkan perjuangan IKA FATERNA agar lebih baik di masa depan,” ujar Suharman. Selain itu, MUBES ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat hubungan antar alumni.

Dalam sambutannya, Ketua Harian DPP IKA Universitas Andalas menambahkan acara ini multifungsi. Selain sebagai forum silaturahmi, MUBES bertujuan untuk memilih pengurus baru dan merancang program kerja yang akan datang.

Ia menekankan alumni memiliki peran penting dalam mendukung almamater, terutama mengingat Universitas Andalas kini berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Koneksi nasional dan internasional yang dimiliki para alumni diharapkan dapat mendukung, termasuk dalam aspek finansial, untuk memperkuat Dana Abadi Universitas Andalas

Salah satu program unggulan yang sedang digarap adalah pendirian Lembaga Wakaf Universitas Andalas, yang serupa dengan Dana Abadi. Selain itu, alumni juga terlibat dalam pengelolaan Majelis Pemberdayaan Zakat (MPZ), yang telah mendistribusikan beasiswa, bantuan bencana alam, program qurban, serta program orang tua asuh.

Harapannya, alumni terus mendukung Dana Abadi dan mendorong lahirnya lebih banyak alumni yang aktif di bidang legislatif maupun hukum.

Rektor Universitas Andalas, Efa Yonnedi, Ph.D., turut memberikan apresiasi atas prestasi dosen-dosen Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas, salah satunya sebagai top scientist.

Ia menyebutkan status PTNBH memberikan peluang lebih besar untuk berkolaborasi dengan alumni, terutama dalam mendukung penggalangan Dana Abadi Universitas Andalas. Saat ini, Dana Abadi tersebut telah mencapai Rp23 miliar, dengan target pengelolaan mencapai Rp1 miliar pada tahun mendatang. Dana ini nantinya akan digunakan untuk mendukung kesejahteraan mahasiswa.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, Sukarli, S.Pt., M.Si., dalam pidatonya mengajak alumni FATERNA untuk lebih peduli terhadap pembangunan ekosistem persusuan di Sumatera Barat.

Ia menyoroti program pemberian susu gratis untuk anak sekolah dan ibu hamil, serta peran penting Jurusan Sosial Ekonomi dalam mendata anak-anak usia sekolah di Sumatera Barat sebagai bentuk kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung visi Indonesia Emas.

MUBES FATERNA Universitas Andalas menjadi ajang strategis untuk membangun sinergi antara alumni dan almamater dalam menghadapi tantangan masa depan, memperkuat organisasi, dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan kemajuan institusi.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik