Padang (UNAND) — Universitas Andalas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) selama dua hari yang dihadiri oleh seluruh pimpinan universitas di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Acara ini menjadi momentum penting untuk mengevaluasi capaian kinerja di berbagai unit serta mempersiapkan rencana strategis untuk tahun 2025.

Henmaidi, Ph.D., Ketua Panitia Rakor menyampaikan harapan agar seluruh peserta dapat berpartisipasi secara aktif dan mengambil poin-poin penting terkait isu yang berkembang. "Rakor ini menjadi kesempatan bagi kita untuk merefleksikan capaian serta merumuskan langkah ke depan," ujar Henmaidi, Sabtu (5/10).

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Efa Yonnedi, Ph.D., mengajak seluruh komponen universitas untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. “Sejak didirikan oleh Wakil Presiden pertama, Mohammad Hatta, Universitas Andalas selalu berpegang teguh pada visinya mencerdaskan kehidupan bangsa,” tegas Rektor.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian Universitas Andalas yang kini menduduki peringkat ke-8 dari 31 universitas Indonesia yang mengikuti pemeringkatan internasional Times Higher Education (THE). Namun, Rektor menekankan pentingnya adaptasi dan sinergi untuk meningkatkan daya saing global, khususnya terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Dibutuhkan kolaborasi antara semua lini, tidak hanya di tingkat rektorat, tetapi juga di Program Studi. Jantung MBKM terletak pada program studi, sehingga perlu ada kerja sama yang lebih kuat untuk mencapai tujuan bersama," jelasnya.

Sebagai bagian dari transformasi digital, Universitas Andalas telah membentuk dua tim khusus. Tim pertama bertugas mengembangkan sistem informasi laporan keuangan terintegrasi yang sepenuhnya digital dan tanpa kertas. Tim kedua akan membangun sistem My Unand, sebuah platform akademik terpadu yang mencakup semua aspek mulai dari penerimaan mahasiswa baru, portal akademik, hingga layanan alumni.

“Kita harus mengatasi keraguan dan ketakutan untuk bertransformasi, dengan langkah bersama, Universitas Andalas siap bersaing dengan lima universitas terbaik di Indonesia,” tambah Rektor.

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Rakor ini diharapkan menjadi landasan kuat bagi Universitas Andalas untuk mencapai target strategis pada 2025 serta turut berperan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik