Padang (UNAND) - Nurkhalis dt Bijo Dirajo, S.Pt terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Peternakan (IKA-FATERNA) Universitas Andalas untuk periode 2024-2029. Pemilihan tersebut berlangsung dalam Musyawarah Besar (Mubes) yang diadakan di Convention Hall Universitas Andalas pada Minggu, (6/10).

Acara ini dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai angkatan, mulai dari angkatan tahun 1971 hingga angkatan 2020. Setiap angkatan diwakili oleh tiga peserta penuh dan satu peserta peninjau. Disamping itu, panitia MUBES juga menyediakan saluran komunikasi daring melalui platform Zoom untuk semua alumni.

Beberapa tokoh penting turut hadir, Ketua Umum IKA-FATERNA periode sebelumnya, Suharman Noerman, Ketua Harian DPP IKA-UNAND, dr. M. Riendra, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, Sukarli, serta Wakil Dekan II Fakultas Peternakan, Nurhayati, yang mewakili Dekan, Rektor Universitas Andalas, Efa Yonnedi, Ph. D juga turut menghadiri acara ini di tengah agenda kesibukannya.

Acara ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, yang dalam sambutannya membagikan pengalaman sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni HANTER sebelumnya. Ia menekankan pentingnya kepemimpinan yang inklusif dan mampu menyinergikan berbagai pihak serta sumber daya yang ada pada alumni Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Selain Nurkhalis dt Bijo Dirajo, nama Ong Satria Veri juga muncul sebagai calon Ketua Umum periode 2024-2029. Namun, dalam semangat kebersamaan dan cinta terhadap almamater, Ong Satria Veri menjadi pendukung utama Nurkhalis, yang akhirnya terpilih secara aklamasi.

Nurkhalis dt Bijo Dirajo adalah sosok yang telah lama berkecimpung dalam dunia politik Sumatera Barat. Beliau merupakan alumni Fakultas Peternakan angkatan 1989 dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk periode 2019-2024.

Saat ini, ia menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2024-2029. Dalam estafet kepemimpinannya, Nurkhalis berkomitmen untuk terus berkontribusi dan mengakselerasi sinergi di berbagai lini alumni. (*) Rilis 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik