Padang (UNAND) - Program Studi (Prodi) Sarjana dan Magister Ilmu Tanah Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Andalas jalani penilaian Akreditasi Internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) selama dua hari 29-30 Mei 2024 di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Rektor Universitas Andalas Efa Yonnedi, Ph. D menuturkan ASIIN merupakan Lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman dan diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

“Dalam dua hari kami akan dievaluasi oleh para ahli panel dari ASIIN untuk memastikan  proses pembelajaran dan pengajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ASIIN,” ujarnya.

Dikatakannya, pertemuan ini sangat berarti bagi Universitas Andalas untuk memastikan kualitas pendidikan memenuhi standar internasional sesuai dengan visi menjadi universitas terkemuka dan terkemuka.

Ia mendorong semua Prodi di Universitas Andalas untuk memenuhi standar global dan untuk berpartisipasi dalam penilaian oleh lembaga akreditasi internasional di dunia dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kedua Prodi ini telah diakreditasi "Excellent dan sangat baik" oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

Rektor berharap di masa depan kedua Prodi ini akan menjadi pemimpin di bidang pertanian di wilayah Asia Tenggara dan lulusannya dapat berpartisipasi di tingkat global.

Sebelumnya, Universitas Andalas juga telah mengusulkan dua Prodi dari Fakultas Keperawatan cluster I (Prodi Sarjana dan Magister Keperawatan), dan dua Prodi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di cluster 2 (Prodi Sarjana dan Magister Matematika) untuk diakreditasi oleh ASIIN pada awal tahun ini.

Adapun tim Expert Panel ASIIN terdiri dari Prof. Dr. Georg Guggenberger, Prof. Dr. Bernhard Seggewiss, Prof. Dr. Rusnadi Padjung, Dr. Markus Dotterweich, Hafizh Amwanaya, dan Sascha Warnke.

Turut hadir dalam proses akreditasi ini, Wakil Ketua MWA (Prof. Werry Darta Taifur), Wakil Rektor I (Prof. Syukri Arif, M. Eng), Wakil Rektor IV (Dr. Henmaidi, ST, MT), Sekretaris Universitas (Dr. Aidinil Zetra), Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (dr. Nur Afrainin Syah, Ph. D), Direktur Teknologi Informasi (Hendery Dahlan, Ph. D), Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset (Dr. Eng. Muhammad Makky), Direktur Umum dan Aset (Azral, SPt, MPd) Dekan Faperta (Dr. Indra Dwipa, MS), Wadek I (Dr. Ir. Agustian) dan Wadek II (Dr. Ir. Ujang Khairul, MP). (*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik