Padang (UNAND) – Mahasiswa Universitas Andalas dinobatkan sebagai terbaik 1 Duta Bahasa Sumatera Barat 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sumbar pada Minggu (26/5) di Hotel Truntum.

Mahasiswa tersebut yakni Raihan Muhammad Tri Akbar, seorang mahasiswa pertanian dari Universitas Andalas (Unand), berhasil meraih gelar Terbaik 1 Putra dan Atha Rafifah Frinda, mahasiswi kedokteran gigi dinobatkan sebagai Terbaik 1 Putri.

Keduanya berhasil mengungguli puluhan peserta lainnya yang telah melewati berbagai tahapan seleksi yang ketat. Atha menuturkan rangkaian seleksi dimulai dari seleksi administrasi, wawancara, hingga tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Selain itu, ia mengatakan para peserta juga harus menunjukkan kemampuan mereka dalam wicara publik, presentasi krida, penulisan artikel, penguasaan bahasa asing, serta penampilan bakat. “Semua tahapan ini dirancang oleh Balai Bahasa Sumatra Barat untuk menguji kompetensi dan keterampilan berbahasa serta pemahaman budaya para peserta,” ujar mahasiswa FKG ini.

Raihan dan Atha tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa yang baik, tetapi juga dedikasi dan komitmen mereka terhadap pelestarian budaya dan bahasa daerah. Keduanya akan mewakili Sumatra Barat di ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional yang akan diadakan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Dengan terpilihnya Raihan Muhammad Tri Akbar dan Atha Rafifah Frinda sebagai Duta Bahasa Sumatra Barat 2024, harapan besar tertuju untuk membawa nama Sumatra Barat ke tingkat nasional serta terus berkontribusi dalam upaya pelestarian bahasa dan budaya.

Balai Bahasa Sumatra Barat sangat bangga dengan pencapaian ini dan mendukung penuh langkah mereka ke ajang nasional. Malam penganugerahan ini menunjukkan semangat generasi muda Sumatra Barat yang berkomitmen melestarikan dan mempromosikan bahasa serta budaya daerah.

Raihan dan Atha kini memiliki tanggung jawab besar untuk membawa misi ini ke tingkat nasional dan menginspirasi generasi muda lainnya. Balai Bahasa Sumatra Barat berharap prestasi ini dapat memotivasi generasi muda lainnya untuk ikut serta dalam pelestarian bahasa dan budaya daerah.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik