Padang (UNAND) - Unit Layanan Disabilitas (ULD) Universitas Andalas kembali mengadakan Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar untuk ketiga kalinya pada Sabtu, (8/6) yang berlangsung di Gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kampus Limau Manis.

Ketua ULD Universitas Andalas Dr. Rozi Sastra Purna, M. Psi, Psikolog menyebutkan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dan staf di lingkungan kampus dengan jumlah peserta dibatasi yakni sebanyak 30 orang.

Ia mengungkapkan ULD mempunyai visi menjadi unit layanan yang bermartabat dan berkeadilan bagi mahasiswa disabilitas di Universitas Andalas yang inklusif. “Berbeda dari sebelumnya, kali ini tidak hanya menyampaikan materi terkait Bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) namun juga ada materi terkait awareness for disability yang disampaikan oleh ibu Tiara Kurnia Putri Elwan, M. Psi, Psikolog (APPI wilayah Sumbar),” tuturnya.

Pada pelatihan ini disampaikan juga beberapa etika dalam membantu teman-teman disabilitas secara umum, diantaranya mengetahui terlebih dahulu jenis disabilitasnya, menanyakan apakah membutuhkan bantuan, perhatikan dengan seksama kontak fisik, berfikir sebelum bicara.

Lalu, jangan mengira-ngira kondisi atau kesulitannya, bersikaplah positif terhadap permintaan, selalu ingat bahwa tujuan membantu adalah untuk mengurangi hambatan yang dihadapi, meningkatkan peran serta dan pemenuhan hak, bukan karena kemampuan mereka lebih rendah.

Setelah penjelasan mengenai kesadaran terhadap disabilitas, kegiatan dilanjutkan dengan materi BISINDO yang disampaikan oleh mahasiswa Universitas Andalas yang merupakan teman tuli, Aldo Agustio dan Friska Kurnia Rahman, didampingi oleh Eka Pudji Astuti, S.Pd.

Selain itu, dihadirkan juga Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang juga merupakan mahasiswa aktif Universitas Andalas. Harapannya, setelah mengikuti Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar, peserta bisa berkomunikasi dengan teman tuli khususnya yang ada di lingkungan kampus dan membantu mereka dalam kelancaran menempuh pendidikan di Universitas Andalas.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik