Padang (UNAND) – Bekerja sama sejak tahun 2017 Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Andalas dan Direktorat Jendral Bina Konstruksi, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh mengadakan Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri (SIBIMA) Bidang Konstruksi Pada Program Vokasi Tingkat Perguruan Tinggi pada Selasa (10/6).

Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari secara hybrid di Universitas Andalas dan via Zoom Meeting serta akan diisi oleh Sembilan orang pemateri. Pelatihan ini diikuti oleh 350 orang pendaftar dari berbagai Perguruan Tinggi di daerah Sumbagut (Sumatra bagian Utara). Peserta kegiatan ini mulai dari alumni, fresh graduate dan Mahasiswa tahun akhir.

Ada sembilan bidang yang dapat dipelajari oleh para peserta yaitu, Ahli Muda Manajemen Konstruksi, Ahli Muda K3 Konstruksi, Ahli Muda Teknik Air Minum, Ahli Muda Teknik Bangunan Gedung, Ahli Muda Perencanaan Wilayah Kota, Ahli Teknik SDA, Ahli Teknik Jalan, Ahli Teknik Jembatan, Ahli Pelaksana Geoteknik.

Ketua Pelaksana Fauzan, S.T menuturkan belajar mandiri melalui aplikasi SIBIMA idealnya dilakukan selama dua minggu, namun akan diusahakan selesai dalam waktu seminggu. Kemudian akan dilanjutkan dengan ujian sertifikasi sesuai dengan bidang yang dipilih.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Universitas Andalas Henmaidi, Ph. D mengemukakan sertifikasi kompetensi ini akan semakin penting kedudukannya, pekerjaan saat ini membutuhkan orang-orang yang kompeten sehingga butuh pembuktian salah satunya melalui sertifikasi kompetensi.

Ia berharap seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini memiliki kemampuan dan lolos ujian sertifikasi. Melalui kompetensi yang didapat diharapkan juga dapat memberi manfaat bagi sekitar.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik