Bukittinggi (UNAND) – Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas selenggarakan International Symposium on Information Technology and Digital Innovation (ISITDI).

Berlangsung di TripleTree Hotel and Resort pada hari tanggal 23 - 25 Juli 2024 dengan mengusung tema Creativity Trend in Sustainable Information Technology Design and Innovation.

Dr. Eng Budi Rahmadya Ketua ISITDI mengatakan kegiatan ini dihadiri 60 pemakalah dari 7 negara seperti Indonesia, jepang, malaysia, kazakhstan, india, china dan bangladesh.

“Internasional symposium ini dilakukan dalam dua sesi dan kemudian artikel akan dipublish yang terindeks Scopus,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas mengemukakan dengan adanya seminar internasional ini akan menjadi kesempatan besar bagi semua untuk mengeplorasi kolaborasi dan melakukan lebih banyak penelitian dan publikasi mengenai inovasi digital.

Ia menilai tema yang dipilih sangat sejalan dengan tantangan zaman pada saat ini sehingga bisa mendiskusikan ide-ide bersama menjadi misi, dan solusi praktis yang mendorong kemajuan berkelanjutan dalam realitas digital.

Baginya, konferensi ini akan menantang sehingga lebih memikirkan agenda masa depan, dan juga untuk bekerja sama di bidang teknologi informasi serta administrasi digital yang berkelanjutan.

Senada dengan itu, Rektor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. As’ad, M.Pd mengatakan inovasi digital sangat penting dalam rangka mendorong berbagai peluang baru di berbagai aspek.

“Untuk memperoleh hasil yang optimal, kami memperkenalkan teknologi informasi karena menyadari Fakultas Teknologi Informasi didirikan untuk memajukan pendidikan Islam,” terangnya.

Dalam acara ini juga menghadirkan H. Harry Alexander, SH., MH., LLM. Dari BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) Republik Indonesia, Dra. Siti Nugraha Maulidiah, MIA Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Selain itu, juga menghadirkan empat orang pemateri yaitu Prof. Dr. Eng Retno Supriyanti dari fakultas Teknik, Universitas Jendral Soedirman, Prof. Mahendrawati ER, M. Sc, Ph. D dari Fakultas Teknologi Informasi, Intitut Teknologi Sepuluh November, Prof. Dr. Eng Rahmat Budiarto dari Collage of Computer Sains and IT, AlBaha University, Arab Saudi, dan Assco. Professor Ran Sun, Ph.D.(*)

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik