Padang (UNAND) - Universitas Andalas melepas sebanyak 1.141 orang wisudawan dan wisudawati lulusan Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor pada acara Wisuda V tahun 2022.

Jumlah tersebut terdiri dari Program Diploma Tiga 19 orang, Sarjana 797 orang, Profesi 179 orang, Magister 128 orang, Spesialis 9 orang dan Doktor sebanyak 9 orang.

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan sesuai waktu yang disediakan.

"Selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar, semoga saudara semua dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak," ungkapnya Sabtu (5/11) di Kampus UNAND Padang.

Menurutnya, sebagai seorang sarjana, para lulusan Universitas Andalas ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Di tengah berbagai perubahan yang ada, tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat. Oleh karena itu, bangunlah kepedulian dalam diri, peka terhadap kehidupan masyarakat, serta dedikasikan ilmu untuk membantu masyarakat, terutama masyarakat lemah.

"Menjalani perkuliahan di Universitas Andalas baru sebatas modal awal yang mesti saudara kembangkan, sehingga saudara semua menjadi seorang intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dengan kompetensi yang diakui," ujarnya.

Untuk itu teruslah mengembangkan diri, jangan pernah takut akan gagal. Sebab, gagal adalah pelajaran sangat berharga untuk sebuah kesuksesan. Jangan pernah berhenti jika tersandung kegagalan, sebab jika kita berhenti berusaha sebelum mencapai sukses maka kegagalanlah yang akan menjadi garis takdir saudara.

"Teruslah berusaha sekuat tenaga bermodal ilmu pengetahuan yang dimiliki dan Insya Allah jika nilai dan sikap luhur terus saudara kembangkan niscaya saudara akan meraih sukses di mana pun dan dalam berbagai profesi apa pun," jelasnya.

Selanjutnya, dia juga meminta kepada para Wisudawan, terutama pada jenjang pendidikan Sarjana, Diploma, Spesialis dan Profesi, jika telah mendapatkan tempat bekerja, agar melanjutkan studi, ataupun membuka lapangan kerja sendiri, diharapkan memberikan informasi dan menyampaikan ke almamater, sesuai dengan aplikasi yang telah ada.

Hal ini penting diingatkan, karena kesuksesan para lulusan juga akan menjadi prestasi bagi Institusi terutama dalam melakukan penelusuran terhadap alumni (tracer study).

Apalagi para lulusan dalam waktu pendek telah dapat melakukannya, dan ini juga menunjukan keberhasilan para wisudawan/wisudawati, dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan, dan langsung dapat dimanfaatkan di tengah masyarakat.

Pada rangkaian acara wisuda juga  disampaikan raihan prestasi yang  diperoleh baik peringkat lulusan, dan prestasi lain yang diraih selama masa studi (akademik dan non akademik), telah memberikan manfaat dan memberikan nama baik bagi UNAND.

"Kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Saudara. Semoga capaian dan prestasi serta kemajuan UNAND dapat membantu saudara- dalam berkarir atau menempuh pendidikan," tutupnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND