Padang (UNAND) – Universitas Andalas mengirimkan 40 mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang ke XVII, yang mana Provinsi Sumatera Barat menjadi tuan rumahnya.

Mengusung tema “Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dengan moto "Hebat, Bersahabat, Terhormat". Peserta POMNAS ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 – 26 November 22, dibuka secara langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim pada Kamis (17/11) Auditorium UNP.

Mendikbudristek menekankan perlunya memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.  

“Kita harus selalu ingat bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga,” ujarnya. Ditambahkannya, karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti POMNAS penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi.

Menurutnya, menyelenggarakan agenda semasif POMNAS, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain membutuhkan kerja keras, dibutuhkan pula komitmen dan daya tahan yang luar biasa dari pihak penyelenggara untuk bisa menghadirkan 2.985 atlet dari 408 perguruan tinggi yang akan bertanding.

Ke depan, Mendikbudristek berharap, POMNAS dapat terselenggara lebih meriah dan melibatkan lebih banyak pihak untuk berkolaborasi termasuk melibatkan makin banyak peserta mahasiswa.

“Terus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, sebab prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang didapatkan, tetapi dari komitmen untuk berkompetisi secara sehat dan jujur, juga tekad untuk menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas, sehat, dan berkarakter,” pesan Menteri Nadiem.

POMNAS ke-17 Sumbar ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, dan Sepak Takraw.

Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP. Sementara cabor Tae Kwon Do dan Karate dilangsungkan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Sedangkan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat Tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas.

Cabang olahraga yang diikuti mahasiswa UNAND sebanyak delapan cabang yakni Basket (14 atlit), Tenis Lapangan (3 atlit), Renang (2 atlit), Bulu Tangkis (1 atlit), Tarung Derajat (4 atlit), Karate (4 atlit), Taekwondo (8 atlit), Futsal (4 atlit).

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri yang didampingi Direktur Kemahasiswaan Khandra Fahmi, Ph. D berpesan para atlit dapat menunjukkan prestasi terbaiknya dan tampil maksimal, sehingga nantinya dapat mengharumkan nama Provinsi Sumatera Barat.(*)

Humas dan Protokol UNAND