Makassar (UNAND) - Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) menggelar Simposium Nasional (SIMPOSNAS) 2022 dengan tema The role of youth : initiate collaboration awareness and recovery to encourage G20 Goals.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan potensi mahasiswa di bidang riset sekaligus memberikan sumbangsih pemikirannya guna pemulihan nasional, terdiri dari dua cabang lomba, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster

Perlombaan ini diikuti oleh Tim Mahasiswa UNAND yaitu Zahra Shafira (Akuntansi 2020) sebagai ketua, Muhammad Fauzan Syahputra (Teknik Industri 2019), Putri Agustin Muchtar (Hukum 2020), Ahmad Fathoni (Teknik Elektro 2019) dan Nindy Natasya N (Biologi 2019).

Zahra Shafira mengatakan tim ini dibimbing oleh Indah Permata Suryani, SE.,M.Sc (Dosen Akuntansi FEB UNAND) yang sebelumnya mengikuti seleksi karya ilmiah pada tanggal 25-26 Oktober 2022, dilanjutkan dengan pengumuman Finalis pada 27 Oktober 2022.

Lebih lanjut, Zahra mengatakan Karya ilmiah yang bertemakan “Minang Tanamo” merupakan sebuah rancangan aplikasi E-Commerce dalam pemulihan bisnis UMKM di Sumatera Barat pasca Pandemi Covid-19 ini berhasil lolos ke babak final setelah menyisihkan tim lainnya.

Keberhasilan tim ini lolos ke babak final dilanjutkan dengan diseminasi hasil penelitian yang diselenggarakan secara offline di Makassar, Sulawesi Selatan yang berlokasi di gedung Badan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kota Makassar pada 11-13 November 2022 lalu.

“Perjuangan rekan-rekan mahasiswa lintas Fakultas yang didampingi oleh pembina Dosen Fakultas dan Ekonomi dan Bisnis UNAND ini,  akhirnya membuahkan hasil dengan memperoleh penghargaan pada kedua cabang lomba, yakni Juara 2 lomba poster dan Harapan 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah,” ujarnya.

Lalu, juara 1 diperoleh oleh Universitas Negeri Makassar, Juara 2 Politeknik Penerbangan Palembang, Juara 3 Universitas Hasanuddin.

Disampaikannya penghargaan ini merupakan wujud nyata kolaborasi mahasiswa dari lintas Keilmuan dan wujud kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa, tentunya dengan dukungan penuh dari Fakultas dan Universitas. Zahra mengucapka terima kasih rekan-rekan mahasiwa, semoga selalu semangat berkarya dan berkontribusi untuk masyarakat demi kedjajaan bangsa.(*)

Humas dan Protokol UNAND