Kerinci (UNAND) – UPT Pendidikan Di Luar Kampus (PDK) bertemu dengan Wakil Bupati Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi Ir. Ami Taher dalam hal menyampaikan terkait Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi dengan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala UPT PDK Dr. apt. Syofyan menyampaikan saat ini sudah terselenggara berbagai bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi, di antaranya melakukan magang/ praktik kerja di Industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi/ proyek independen, dan mengikuti program kemanusiaan.

“Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja, atau menciptakan lapangan kerja baru,” ungkapnya pada Jumat (3/2) di Ruang Kerja Wabup Kerinci.

Menurut Syofyan pembelajaran-pembelajaran seperti di atas dapat memberikan tantangan dan kesempatan dalam pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan di lapangan.

“MBKM ini diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat,”pungkasnya.

Bersama Ketua Pokja Membangun Desa Dr. Sosmiati, MSi dan Ketua Pokja KKN Ir. Amrizal Anas MP, disampaikan Syofyan saat ini terkait MBKM dalam tahap pendataan dan dalam waktu dekat akan berjalan.

“Nantinya mahasiswa – mahasiswa yang berasal dari Kerinci mengabdi untuk desa dengan membentuk program bersama atau juga bisa dengan mensingkronkan program yang ada di desa tersebut,” ungkapnya.

Lalu, kenapa di kampung sendiri mengabdinya, dikatakannya ada beberapa kemudahan yang didapatkan diantaranya akses dan kenalan ketimbang di daerah lain yang tentunya butuh waktu untuk penyesuaian.

Sementara itu, Wabup Kerinci mengucapkan terima kasih atas kehadiran akademisi dari Universitas Andalas dan akan segera merembutkan dengan dinas terkait mengenai program ini dan juga penempatan lokasi-lokasinya.

Ia menyambut baik program ini karena melalui kegiatan ini tentu mahasiswa bisa melihat langsung persoalan-persoalan yang ada di masyarakat dibandingkan dengan teori-teori yang ada di dalam kelas.

Ami Taher juga berpesan untuk bersama-sama mendidik generasi muda yang tangguh, berkualitas, dan bermoral terutama dari Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.(*)

Humas dan Protokol UNAND