Padang (UNAND) – Kerja keras Tim Minang yang terdiri dari mahasiswa Universitas Andalas dan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) akan mewakili Indonesia ke forum tingkat International di New York, USA maret mendatang.

Adapun tim tersebut yakni Jihan Syafa Kamila (UI), dan dari mahasiswa Universitas Andalas Muhammad Rizki Auliya, Muhammad Hamdan Masykuro, Alfina Mursida Aljauhari, Jihan Camelia Aiko, Naurah Daffa Carol serta Dosen Pendamping Dr. Nurhamidah, ST, MT, MEngSc.

Ketua Team Minang Rizki mengungkapkan tim ini terbentuk bermodalkan semangat dan kekompakan, ikut berpartisipasi menerima tantangan Sustainable Development Goals (SDGs) dari United Nations.

“Dengan judul "UN2023 GAME GHANGER CHALLENGE" hastag #wavemakerunited,” sambungnya melalui Humas pada Kamis (16/2). Lebih lanjut, Rizki menyampaikan, beranjak dari sana tim mulai menyusun rencana, ide serta gagasan dan dipilihlah YARI International School sebagai mitra untuk tantangan ini dengan isu SDGs (Sustainable Development Goals) Nomor. 6 tentang Clean and Water Sanitation.

“Mengangkat karya dengan nama Baraja Aia (BARA) merupakan permainan inovasi dan edukasi yang diangkat dari permainan tradisional Lore (permainan anak di Kenagarian Sungai Nanam, Lembah Gumanti, Solok),” terangnya yang sebelumnya juga sebagai Gubernur BEM Fakultas Teknik.

Di samping itu, BARA dapat dimainkan anak-anak, remaja bahkan keluarga dengan konsep yang menyenangkan, permainan ini memiliki komponen papan, kartu, buku, dan lain sebagainya.

Tujuan utama permainan ini adalah mengedukasi masyarakat dengan cara yang menarik dan menyenangkan agar dapat merawat ekosistem air lebih baik untuk ke depannya.

Saat ini, Team Minang masuk TOP 20 dari 200 tim dan 68 Negara yang mengikuti kompetisi ini. “Kini saatnya tim membutuhkan dukungan dari semua pihak, agar tim ini terpilih di TOP 5 ide terbaik, yang akan mewakili Indonesia ke forum tingkat International di New York, USA Maret mendatang,” ujarnya.

Humas dan Protokol UNAND