Padang (UNAND) – Dalam rangka pengembangan pengembangan Education and Culture Corner atau American Corner Universitas Andalas berkolaborasi dengan Bagian Urusan Publik Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Direktur Hilirisasi Riset dan Kerja Sama Universitas Andalas Dr. Eng Muhammad Makky menuturkan American Corner ini merupakan satu-satunya American Corner yang ada di Pulau Sumatera.

"Aktivitas American Corner dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen yang pertama untuk berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen lainya di luar negeri khususnya Amerika secara virtual atau daring," ungkapnya pada saat penandatanganan MoU bersama Alison F. McKee Kedutaan Besar Amerika Serikat Bagian Urusan Publik pada Kamis (2/3) di Ruang Kerja Rektor.

Kemudian, juga dapat dimanfaatkan dalam bentuk pertukaran kebudayaan. “Di mana kebudayaan Indonesia dapat diperkenalkan kepada pihak Amerika maupun sebaliknya tetapi tetap menjaga batasan-batasan kebudayaan karena Sumatera Barat adat istiadatnya bersandikan agama sehingga tidak semua budaya dari luar dapat diakomodir,”  sambungnya.

Selain itu, dikatakannya dengan adanya American Corner maka informasi-informasi seperti peluang magang, studi lanjut, beasiswa, peluang untuk riset bersama, publikasi bersama, dual degree terbuka lebar juga akses bibliography atau pustaka dari pihak Amerika.

Menurutnya, yang terpenting adalah terbukanya akses bagi kedua belah pihak untuk mempererat aktivitas akademik dan kebudayaan.

Lebih lanjut, Makky menyampaikan dengan dihibahkannya e sport oleh Deputy Chief of Mission Kedubes AS Michael Kleine pada bulan lalu sebagai wahana bagi mahasiswa Universitas Andalas tentunya akan membuat mahasiswa lebih aktif dalam bidang IT.

Di samping itu, juga direncanakan kompetisi virtual berbasis e sport pada level nasional karena keberadaan American Corner selain di Universitas Andalas juga ada empat lainnya dipulau Jawa. Ia juga menawarkan kepada pihak Kedubes Amerika Serikat sejenis mini olimpiade yang diikuti oleh American Corner dari berbagai negara.

Disampaikannya, fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa misalnya dalam bentuk riset, mengembangkan program game, program untuk keamanan game, maupun peralatan hardware yang mendukung penggunaan elektronik dalam e sport ini.

Begitupun dosen sebagai wahana riset, wahana pembelajaran dan bahan serta dapat dimanfaatkan untuk acuan dan rujukan dalam pengembangan materi perkuliahan atau materi bahan lainnya.

Dikatakannya yang terpenting selain memperkenalkan pada dunia akademisi American Corner juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh stakeholder Universitas Andalas seperti mitra, masyarakat sekitar atau alumni yang berkunjung untuk melihat berbagai hal yang dicapai selama ini khususnya kemajuan dibidang akademik.(*)

Humas dan Protokol UNAND