Padang (UNAND) - Universitas Andalas menerima Kunjungan dari Tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI pada Kamis (9/3) di Ruang Sidang Pimpinan Gedung Rektorat Kampus Limau Manis. 

“Kehadiran Pusdiklat DPR RI ini dalam rangka mengoptimalisasikan pengembangan Learning Management System (LMS) dan penjaminan mutu dari pelaksanaan fungsi dalam pengembangan kompetensi Sekretariat Jenderal DPR RI,” ujar Budi Wuryanto, S.H Kepala Bidang Pelatihan Struktural dan Fungsional Setjen DPR RI.

Disampaikannya, sebagai lembaga diklat terakreditasi yang memiliki peran strategis dalam pengembangan kompetensi ASN  Setjen DPR RI, diperlukan dukungan media  pendukung yang mampu mengakomodir kebutuhan pengembangan kompetensi yang tidak dibatasi ruang dan waktu melalui pengembangan LMS.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan pengumpulan data secara komprehensif salah satunya melalui kegiatan benchmarking ke Universitas Andalas,” ujarnya. Dalam bechmarking ini, ia bersama tim yakni Izzaty,ST, MT, Indra Cakra Buana, MSi, Nurlatipah Nasir, MA, Dr. Ridwan Ismail Razak, Hermawan Syarif, SPd, Ahmad Riyadi, ST, dan Yunus Ari Triawan, SPd. 

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi turut mendorong Pusdiklat Setjen DPR RI untuk terus beradaptasi dan melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pelatihan, salah satunya melalui pengembangan LMS.

Disamping itu, disampaikan Budi upaya untuk selalu meningkatkan pengembangan mutu pendidikan dan pelatihan agar pelaksanaan tugas dan fungsi Pusdiklat berjalan maksimal sesuai tujuan dan cita-cita setiap lembaga.

Sementara itu, Sekretaris Universitas Henmaidi, Ph. D mengemukakan Universitas Andalas merupakan universitas tertua diluar pulau jawa yang berdiri sejak tahun 1956 dan saat ini memiliki 15 Fakultas serta 1 sekolah pascasarjana.

“Universitas Andalas juga sudah mengadopsi pembelajaran daring semenjak pandemi covid 19 hingga saat ini,” ujarnya. Ditambahkannya para staf pengajar di Universitas Andalas telah melakukan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan blended learning.

Dalam kegiatan ini, Sekretaris Universitas didampingi Direktur Pendidikan dan Pembelajaran dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed., Ph.D, Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Hendery Dahlan, Ph. D, Drs. Riwayadi, SE, Akt, MBA Kepala Pusat Pembelajaran Daring Lembaga Penjaminan Mutu, Kepala Kantor Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Dr. Ernita Arif, serta Kepala Seksi Layanan Konten & Multimedia Handoko, M. Hum  (*)

Humas dan Protokol UNAND