Padang (UNAND) - UPT Perpustakaan Universitas Andalas menggelar acara Workshop Research Writing & Publication With Science Direct bertempat di Ruang Sidang Utama Lantai 5 Gedung Perpustakaan pada Selasa (14/3).

Acara tersebut terlaksana berkat kerja sama antara UPT Perpustakaan Universitas Andalas dengan Elsevier, publisher internasional ternama asal Belanda.

Direktur Pendidikan dan Pembelajaran oleh dr. Nur Afrainin Syah, M.MED; Ph. D,  menjelaskan pentingnya bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam mengakses jurnal-jurnal Science Direct guna mendukung penelitian, dan penulisan tugas akhir.

Selain peningkatan terhadap akses Science Direct, ia juga berharap kegiatan ini berkontribusi terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah civitas akademika Unand.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Johan Jang, Costumer Consultant Elsevier Southeast Asia, dan dimoderatori oleh dr. Ilmiati, Ph. D, dosen Fakultas Kedokteran.

Ia menyampaikan tentang bagaimana memaksimalkan pemanfaatan jurnal dan ebook Science Direct yang dilanggan oleh Universitas Andalas. Di samping itu, ia juga membekali peserta tentang bagaimana strategi penulisan karya ilmiah & pemahaman seputar jurnal terindeks scopus.

Universitas Andalas juga memberikan penghargaan kepada pemustaka teraktif 2021 adalah Lulu Putria Munly, Riska Marlinah dan Farras Zahra Rifa sedangkan untuk pemustaka teraktif 2022 adalah Bilqis Bahira, Arif Jundullah Ashfa dan Luthfi Hadiyan Fajri.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan terhadap Duta Baca Perpustakaan Universitas Andalas, dari kalangan dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan yang dilantik langsung oleh Direktur Pendidikan dan Pembelajaran. Duta baca terpilih untuk kategori dosen adalah apt. Trisfa Augia, S.Si; M.Sc., Muhammad Agung Basra terpilih untuk kategori Mahasiswa, dan terakhir Widya Rahmawati, S.E; M.M untuk kategori Tenaga Kependidikan. (*)

Humas dan Protokol UNAND