Padang (UNAND) – Target Universitas Andalas masuk jajaran perguruan tinggi terbaik dunia makin terang, satu persatu Program Studi (Prodi) terakreditasi Internasional hingga saat ini sudah belasan prodi yang meraih akreditasi internasional baik itu, AUNQA, ABET, ABEST21, IABEE, FIBAA, The Royal Society of Chemistry.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Andalas Prof. apt Henny Lucida mengungkapkan awal Maret ini (1/3) Prodi Sarjana dan Magister Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang divisitasi tim akreditasi Internasional The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

“Visitasi ini berlangsung selama dua hari (1-2/3) yang juga meninjau Laboratorium dan Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) Universitas Andalas oleh tim asesor yang berkedudukan di Jerman itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Henny mengungkapkan lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kepmendikbud RI Nomor 83/P/2020 ini menurunkan tim asesornya masing-masing Prof. Robert Haensch PD, Dr. Alois Palmetshofer, Rainer Arnold Dipl Phys, Yayang Vionita dan Jihan Wardani.

“Untuk hasil akreditasinya akan diumumkan lebih kurang tiga-empat bulan ke depan,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengatakan capaian akreditasi internasional ini tentu akan menambah bukti kinerja terutama Indikator Kinerja Utama (IKU8) yaitu jumlah Prodi terakreditasi internasional.

Nantinya prodi ini didorong untuk melakukan kerja sama internasional dalam rangka internasionalisasi pendidikan apakah itu melalui joint degree, double degree atau gelar ganda percepatan.

Didampingi Wakil Rektor I Prof. Mansyurdin, Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra, Dekan FMIPA Prof. Syukri Arif, Kepala Departemen Biologi Dr. Wilson Novarino menambahkan tahun ini sejumlah Prodi yang sudah terakreditasi A atau Unggul didorong untuk mempersiapkan diri sekaligus mengajukan akreditasi internasional.(*)

Humas dan Protokol UNAND