Padang (UNAND) – Universitas Andalas mengirimkan sepuluh mahasiswa pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat Nasional yang akan digelar pada 13 - 17 Juni mendatang di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmi, Ph. D mengatakan kesepuluh mahasiswa tersebut sebelumnya telah lolos pada seleksi tingkat universitas dan tingkat wilayah, pada empat bidang yaitu Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia.

Tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya disampaikan Khandra Universitas Andalas mengutus sembilan mahasiswa sedangkan tahun sekarang sebanyak sepuluh mahasiswa.

“Mereka tidak hanya berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tetapi juga ada dari Fakultas Kedokteran,” sambungnya saat pelepasan mahasiswa pada Senin (12/6) di Ruang Kerja Rektor Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Khandra menyebutkan kesepuluh mahasiswa tersebut yakni Fauzi Rahmatullah Siregar, Mikhail Ikhwannov, Rizky Ladipa YM (Bidang Matematika), Zahara zettira, Rahmad Ahadi (Bidang Fisika).

Sedangkan untuk bidang Biologi Aldi Tamara Rahman, Aulia Rahmi, Riris Srikandi Mahardika, dan bidang Kimia Angga Syaputra, Arief Kurniawan.

Lebih lanjut Khandra menjelaskan ONMIPA merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat harus menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan keilmuannya secara utuh.

“Penguasaan MIPA dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi,” ujarnya yang juga didampingi Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin.

Melalui ajang ONMIPA-PT, diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan pada Matematika dan IPA sekaligus dapat menemukan talenta-talenta terbaik di bidang ini untuk menjadi calon-calon pemimpin bangsa masa depan.

Rektor mendoakan utusan Universitas Andalas dapat mengambil peran dan mencapai hasil yang terbaik, serta menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain untuk ikut tampil juga di ajang ONMIPA selanjutnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND