Padang (UNAND) – Fakultas Keperawatan (Fkep) Universitas Andalas merayakan hari lahirnya (Dies Natalis) yang ke 24 tahun dilangsungkan di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis pada Rabu (12/7).

Berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis ke 24 ini diantaranya lomba mahasiswa seperti essai, poster, video edukasi serta penganugerahan bagi Dosen dan juga Tenaga Kependidikan (Tendik).

Dekan Fkep Universitas Andalas Prof. Hema Malini, Ph. D mengungkapkan fakultas ini pada awalnya dulu berada di bawah Fakultas Kedokteran (PSIK - FK) yang menawarkan Sarjana Keperawatan diikuti dengan Pendidikan Profesi Ners melalui surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 1999 yang diperpanjang pada tahun 2007.

“Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Keputusan Nomor 25 Tahun 2012 tentang struktur organisasi dan tata kelola Universitas Andalas, PSIK FK UNAND dikonversi menjadi Fakultas Keperawatan pada tanggal 3 Agustus 2012,” tambahnya.

Hingga sekarang, dikatakannya Fkep Universitas Andalas menawarkan tiga program mulai dari Program Sarjana (S. Kep), Profesi Ners (Ns), dan Magister Keperawatan (M. Kep) yang semuanya sudah terakreditasi A dan Unggul.

Saat ini, Fkep mempersiapkan diri untuk akreditasi The Accreditation Agency for Study Programs in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

ASIIN merupakan lembaga akreditasi berskala internasional yang kredibel dan diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kepmendikbud RI Nomor 83/P/2020.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas yang diwakili Sekretaris Universitas Henmaidi, Ph. D mengemukakan 24 tahun merupakan usia yang sudah matang bagi sebuah fakultas, tentu sudah banyak alumni yang dihasilkan, telah banyak pula hasil buah pikir yang ditelurkan, baik dalam bentuk publikasi serta mengabdikan ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat.

“Semua itu merupakan wujud dari upaya memberikan manfaat atas keberadaan kampus kita,” sambungnya.

Disampaikan Henmaidi upaya berbaik untuk bangsa itu menjadi kewajiban semua elemen. “Kita perlu bersatu bersinergi untuk bersama-sama meninggalkan jejak untuk kejayaan bangsa ini,” ujarnya.

Menurutnya, Fkep dapat menjadi wahana pendidikan yang strategis untuk menghasilkan SDM handal untuk berkarya dalam bidang kesehatan.

Ia mengucapkan selamat Dies Natalis Fkep Universitas Andalas sebagai momentum untuk melakukan refleksi dalam menyatukan langkah menyongsong masa depan yang penuh karya dan berkah.(*)

Humas dan Protokol UNAND