Purwokerto (UNAND) – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas menyabet medali emas dalam Festival Bulan Bahasa yang dilaksanakan oleh Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto Jawa Barat.

Festival ini digagas dari pertemuan Wakil Dekan 1 FIB di Yogyakarta Maret 2023, menyepakati akan melaksanakan lomba dengan berbagai cabang dimulai dari Bulan Mei sampai Juli 2023 dilaksanakan secara daring.

Perlombaan ini diikuti oleh mahasiswa FIB se-Indonesia yang tergabung dalam Konsorsium 18 FIB se-Indonesia, dengan delapan cabang yang diperlombakan, yakni Musikalisasi puisi, Karya Tulis Ilmiah Linguistik, Karya Tulis Ilmiah Budaya, Karya Tulis Ilmiah Sastra, Pementasan Drama, Pantun, Pementasan Musik Tradisional, dan Penulisan Puisi.

FIB Universitas Andalas mengikuti enam cabang lomba dari delapan cabang yang ada. “Untuk keenam cabang ini, mahasiswa kita berhasil meraih juara, di antaranya Juara 1 diraih oleh Ahmad Zikri (KaryaTulis Ilmiah Linguistik), dan Imam Nugraha Harnedi (Penulisan Puisi); Juara 2 diraih oleh Yevis Haritsyah (Karya Tulis Ilmiah Linguistik) dan Muhammad Fadli (Penulisan Drama),” ungkap Wakil Dekan I FIB Dr. Ike Revita. M. Hum.

Kemudian, Juara 3 diraih oleh Desti Marlina (Karya Tulis Ilmiah Linguistik) dan Yurisman (Karya Tulis Ilmiah Sastra); Juara Harapan 1 diraih Diva Amanda Putri Siregar (Musikalisasi Puisi); Juara Harapan 2 diraih oleh Yevis Haritsyah (Pantun); dan Juara Harapan 3 diraih oleh Muhammad Giffari Arief (Penulisan Puisi).

FIB Universitas Andalas juga meraih Juara Umum dalam perlombaan tersebut, di mana penyerahan hadiah diterima langsung oleh Dekan Prof. Dr. Herwandi, M. Hum oleh Dekan FIB Universitas Jenderal Sudirman di Manado saat Lokakarya MBKM untuk FIB se-Indonesia.

Prof. Herwandi senantiasa mendorong mahasiswa FIB untuk berprestasi dengan cara memfasilitasi dan memberikan reward. “Pencapaian prestasi ini merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) dari FIB,” tambahnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik